oleh

Jangan Biasakan Isi BBM Sampai Luber

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Bagaimana perilaku anda mengisi BBM alias bahan bakar minyak? Sampai tangki nyaris kosong lalu diisi? Atau senang mengisi sampai sangat penuh bahkan luber? Kedua cara ini ternyata sangat tidak disarankan karena sama-sama punya efek negatif. 

Mesin pompa sudah dibekali sensor dan alat yang bisa mendeteksi tangki yang sudah penuh. Bahkan uap BBM pun akan terhisap kembali ke pompa. Ini merugikan konsumen secara tidak sadar. Apalagi tangki kendaraan dilengkapi lubang udara yang berfungsi mengurangi tekanan udara saat BBM ada di dalam tangki. Jika lubang ini juga diisi BBM, maka akan terbuang percuma.

Alasan kedua, setiap BBM yang tidak tersedot kembali ke pompa, akan menguap ke udara. Ini menambah jumlah polusi tanpa disadari. Kelihatannya sedikit. Padahal dikalikan sekian juta kendaraan di dunia, polusinya besar juga. Ini berpengaruh untuk kesehatan. Lalu bagaimana cara mengisi BBM yang benar? Isi secukupnya. Jangan isi saat indikator BBM sudah sangat low. Minimal di level seperempat. Dan ingat, jangan sampai luber ya. (Net/CT)

BACA JUGA:   Sejumlah Pejabat di Jajaran Polres Majalengka Terkena Mutasi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed