oleh

‘Ini Kisah Tiga Dara’, Film Musikal Pertama Indonesia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Tahun 1956, Indonesia sudah punya catatan penting dalam sejarah perfilman. Di tahun itu, seniman Usmar Ismail berhasil merilis film drama musikal pertama yang diberi judul ‘Tiga Dara’.

Filmnya diperankan oleh Mieke Wijaya (Nana), Chitra Dewi (Nunung) dan Indriati Iskak (Nenny). Mereka adalah tiga bersaudara yang masih lajang dan tinggal bersama nenek mereka.

Ceritanya, sang nenek ingin menjalankan pesan ibu ketiga dara tersebut untuk mencarikan si sulung, Nunung, pasangan. Namun yang terjadi, calon pasangan Nunung justru menjadi rebutan bagi mereka bertiga.

Dihiasi nyanyian dan tarian, ‘Tiga Dara’ sukses menjadi tren. Lagu-lagunya, terutama busana yang digunakan pun dianggap tolak ukur di masa tersebut. Secara angka, ‘Tiga Dara’ menjadi film dengan raihan keuntungan sebesar Rp10 juta. Filmnya pun sempat ditampilkan di Festival Film Venesia 1959 dan meraih Tata Musik Terbaik di Festival Film Indonesia 1960.

60 tahun berlalu, ada banyak generasi yang belum sempat menikmati ‘Tiga Dara’. Berkat kerja keras SA Films, warisan mahakarya itu direstorasi di Laboratorium L’immagine Ritrovata, Bologna dan siap ditayangkan ulang.

Versi restorasi ‘Tiga Dara’ akan tayang serentak di biosko pada 11 Agustus mendatang dalam format 4K, 2K dan HD. Tak hanya itu, tahun depan rencananya juga akan dicetak ke dalam keping DVD BluRay. Lagi-lagi, film tersebut menjadi yang pertama, sebagai film Indonesia yang dirilis dalam format 4K. (Net/CT)

BACA JUGA:   Anak Jalanan Diminta Tak Memalak Sopir Angkot

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed