oleh

Ini Beberapa Penyebab Banyak Pengangguran di Indonesia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Tahukah Anda kenapa banyak orang yang menganggur di Indonesia? Selain menjadi bahan olok-olok di lingkungan, pengangguran kerap dikambing hitamkan dengan maraknya aksi kriminalitas di negeri ini. Seseorang bekerja, secara umum menginginkan penghidupan yang layak dan mampu bertahan hidup. Biasanya, pengangguran banyak terjadi karena adanya PHK-PHK sehingga banyak orang putus asa dan menganggur.

Tapi, ada penyebab lain sehingga banyak pengangguran di Indonesia. Seperti apa?

Penyebabnya karena tidak meratanya pendidikan di Indonesia. Pendidikan di Indonesia mungkin tidaklah seburuk itu, tapi memang harus diakui kalau pembagian fasilitas dan kurikulum pendidikan yang belum merata di berbagai daerah di Indonesia. Sedangkan kualitas tenaga kerja dipengaruhi sedikit banyak oleh hal tersebut apalagi di tiap daerah.

Selanjutnya adalah tidak efektifnya pendidikan di Indonesia. Mau tidak mau kita pun harus juga akui kalau nilai di atas kertas adalah yang paling ditekankan oleh kebanyakan lembaga pendidikan di tanah air. Kualitas SDM akhirnya menjadi hal yang tidak begitu diunggulkan karena lapangan tidak mengharapkannya. Bahkan untuk sektor pendidikan pun anggaran yang disediakan juga masih sedikit jadi jangan harap kualitas pendidikan pun bisa sampai level maksimal.

Kenapa di Indonesia banyak pengangguran? Alasannya juga adalah karena krisis ekonomi global yang dialami khususnya oleh para perusahaan dan pemilik bisnis. Tentu secara tidak langsung hal ini menjadikan banyak calon tenaga kerja yang sudah siap malah tidak jadi bekerja dan akhirnya malah menganggur. (Net/CT)

BACA JUGA:   Begini Respon Anggota DPRD Kota Cirebon saat Ditanya Tugas oleh Anak SD

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed