oleh

Ini 9 Negara Tersehat di Dunia!

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Persoalan sampah dan limbah di berbagai negara menjadi PR besar yang sampai saat ini masih berlangsung. Hal itu berimbas kepada suhu bumi yang diisukan semakin panas dan mengalami kerusakan. Banyak orang-orang yang rakus mengeruk kekayaan bumi tanpa ada rasa tanggung jawab untuk memperbaikinya. Di tengah masalah itu, masih ada kota-kota yang dinobatkan menjadi kota terbersih di dunia dilihat dari jumlah PDB yang digunakan untuk kesehatan, perkiraan harapan hidup, serta luas negara, dan populasi juga jadi pertimbangan. Indonesia masuk tidak ya?

  1. Monako. Monako adalah negara kota berdaulat di tepi Côte d’Azur (French Riviera), Eropa. Penduduknya hanya 38.320, dan termasuk negara dengan angka harapan hidup ketiga tertinggi di dunia. Dari segi keamanan, Monako termasuk negara teraman, dengan jumlah polisi tertinggi per kapita. Negara ini punya pemandangan mengagumkan dan garis pantai yang cantik.
  2. Jepang. Jumlah populasinya 127,3 juta. Angka harapan hidup di Jepang 84,7. Orang kerap menganggap Jepang sebagai salah satu negara tersehat di dunia. Tapi bukan itu saja yang menarik. 50.000 warga Jepang berusia lebih dari 100 tahun. Tingkat obesitas negara itu hanya 3,5%. Sebagai bandingan: di AS angkanya lebih dari 30%.
  3. Islandia. Jumlah populasinya 330.000. Luas negara yang juga disebut Tanah Es itu 102.775 km2. Letaknya di sebelah barat laut Eropa, di bagian utara Samudra Atlantik. Angka harapan hidup di Islandia 82,97. Produk Domestik Bruto yang digunakan untuk sektor pelayanan kesehatan: 9,1%. Islandia adalah negara dengan penduduk paling tinggi di dunia. Tinggi rata-rata pria: sekitar 2,2 meter.
  4. Swiss. Luas negara di pegunungan Alpen ini 41.285 km2. Jumlah warganya 8,02 juta. Angka harapan hidup 82,5. Dari produk domestik bruto 11.5% digunakan untuk membiayai sektor kesehatan. Swiss juga berada di puncak daftar negara paling bersih sedunia, menurut Forbes.
  5. Luksemburg. Luksemburg adalah salah satu negara terkecil di Eropa, dan berbatasan dengan Perancis, Jerman, Belgia. Luasnya 2.586 km2, dan jumlah penduduknya 543.202 orang. Tingkat harapan hidup 82.17. Angka kematian anak di bawah lima tahun di negara ini adalah yang paling kecil sedunia. Menurut media online Business Insider, negara ini adalah yang terbaik di dunia.
  6. Australia. Populasi Australia berjumlah 23,91 juta, dan tingkat harapan hidup di negara itu 82,15. Dari produk domestik brutonya 9,4% digunakan untuk sektor layanan kesehatan. Menurut World Happiness Report, Australia adalah negara ke sepuluh yang paling bahagia di dunia. Foto: kota Brisbane.
  7. Swedia. Negara ini termasuk salah satu negara Skandinavia, dan berbentuk monarki. Luasnya 450.295 km2, dan jumlah populasinya 9,80 juta. Tingkat harapan hidup negara itu 81.98. Dari produk domestik bruto, 9,7% digunakan untuk sektor layanan kesehatan. Foto: pulau Tjörn.
  8. Austria. Austria berada di tengah Eropa Barat, dan berbatasan dengan Jerman, Ceko, Slovenia, Italia, Slovakia, Hongaria, Swiss dan Liechtenstein. Luasnya 83.878,99 km², dan jumlah populasinya 8,47 juta. Menurut Index Sistem Perawatan Kesehatan, Austria adalah ke enam terbaik di dunia. Foto: ibukota Wina.
  9. Belanda. Belanda luasnya 42.508 km2, dan berpenduduk 16,84 juta. Tingkat harapan hidup 81,23. Secara geografis Belanda merupakan negara berpermukaan rendah, dengan kira-kira 20% wilayahnya, dan 21% populasinya tinggal di kawasan yang lebih rendah dari permukaan laut. 50% tanahnya kurang dari satu meter di atas permukaan laut. Oleh sebab itu nama negara itu Nederland (negeri-negeri berdaratan rendah). (Net/CT)
BACA JUGA:   Police Goes to School Sambangi SMPN 2 Majalengka

Komentar

News Feed