Citrust.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatat lonjakan trafik data nasional sebesar 21 persen selama periode Idulfitri 1446 Hijriah dibandingkan hari biasa. Peningkatan ini didorong oleh tingginya aktivitas digital pelanggan, terutama melalui aplikasi seperti WhatsApp, TikTok, Facebook, YouTube, dan Instagram.
Puncak lonjakan terjadi saat arus balik pada 4 April 2025. Di wilayah Jawa Barat, lonjakan tertinggi tercatat di Kuningan dengan kenaikan trafik sebesar 75,3 persen. Sementara itu, Garut dan Tasikmalaya menyusul dengan masing-masing kenaikan 115 persen dan 51,2 persen.
Indosat memastikan jaringan tetap andal di tengah meningkatnya kebutuhan komunikasi digital pelanggan, baik di kota besar maupun wilayah tujuan mudik. Optimalisasi jaringan juga dilakukan di lokasi-lokasi padat seperti stasiun, terminal, rest area, dan destinasi wisata populer.
“Kami percaya, teknologi yang mutakhir harus diiringi oleh sentuhan tangan manusia. Layanan yang kami hadirkan selama periode Idulfitri ini merupakan bukti nyata dari komitmen kami terhadap Unparalleled Network Services Guaranteed, juga dedikasi para engineer di lapangan agar pelanggan dapat menikmati pengalaman digital yang lancar,” ujar Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison.
Komitmen Indosat dalam menjaga kualitas jaringan didukung oleh lebih dari 3.000 petugas teknis yang bersiaga di seluruh Indonesia. Mereka bekerja di lapangan dan di Digital Intelligence Operations Center (DIOC), demi memastikan kelancaran layanan, terutama saat puncak trafik.
“Bagi kami, ini lebih dari sekadar tugas sebagai panggilan profesional, melainkan bentuk pengabdian pada momen Lebaran yang bernilai ibadah. Kami memahami betul betapa pentingnya koneksi bagi keluarga yang terpisah jarak,” kata Imam Susanto, petugas lapangan Indosat yang bertugas di jalur mudik wilayah Semarang.
“Meski kami belum bisa berkumpul saat lebaran, ada kebanggaan tersendiri dalam menjadi bagian dari penghubung kebahagiaan banyak orang. Semangat dari keluarga dan tanggung jawab untuk menjaga konektivitas pelanggan membuat kami tetap teguh menjalankan tugas di momen penuh makna ini,” tambah Imam.
Untuk menghadapi lonjakan tersebut, Indosat menambah kapasitas dengan 9.600 site baru, 1.500 BTS baru, dan 53 Mobile BTS di berbagai titik strategis.
Seluruh infrastruktur kini diperkuat oleh INFINITE (Intelligent Network for Innovative and Transformational Experience), sistem berbasis kecerdasan artifisial dan cognitive learning.
“Indosat tidak hanya membangun jaringan, tetapi juga kepercayaan terhadap pelanggan. Kami akan terus menghadirkan layanan yang mendukung gaya hidup digital pelanggan dengan kualitas terbaik dan memastikan mereka selalu terhubung, terutama pada momen kebersamaan yang penting seperti Idulfitri,” tutup Desmond. (Haris)