Indosat Catat Laba Bersih Rp1,9 Triliun pada Semester I 2023

Citrust.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) (Indosat, IOH, atau Perseroan) catat laba bersih pada sepuluh kuartal berturut-turut. Pendapatannya pun terus bertumbuh pada lima semester terakhir.

Indosat mencatatkan total pendapatan Rp24,7 triliun pada semester I 2023 atau meningkat 10 persen berbanding tahun lalu (Year-on-Year).

Pertumbuhan pendapatan yang kuat tersebut terkontribusi oleh kinerja positif dari semua lini bisnis Perusahaan. Pendapatan selular naik 8,4 persen dan pendapatan Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) bertambah 15,7 persen. Sementara, layanan telekomunikasi tetap bertumbuh 25,9 persen YoY.

Selanjutnya, pertumbuhan kinerja top-line yang solid mampu menghasilkan peningkatan EBITDA yang kuat sebesar 24 persen YoY menjadi Rp11,4 triliun. Untuk marjin EBITDA mencapai 46,1 persen pada semester pertama 2023. Adapun Laba Periode Berjalan yang Dapat Ditribusikan kepada Pemilik Entitas Induk tercatat sebesar Rp1,9 triliun.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengatakan, pihaknya senang dapat melaporkan hasil kinerja perusahaan selama semester I tahun 2023 dengan hasil yang positif.

“Pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh karyawan, para mitra, dan pemegang saham kami, dalam mencapai tujuan bersama. Tujuannya memberdayakan Indonesia,” ujarnya.

Percepatan integrasi jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) mulai menunjukkan hasilnya. Indosat mencatat pertumbuhan total pelanggan berkualitas sebesar 4 persen atau 3,8 juta YoY menjadi 100 juta.

Peningkatan pendapatan rata-rata per pengguna (Average Revenue Per User, ARPU) Perseroan menjadi Rp35.800 pada kuartal kedua. Trafik data meningkat sebesar 16,8 persen YoY atau lebih dari 7.000 Petabyte.

Seluruh peningkatan layanan tersebut tertopang oleh lebih dari 215 ribu total BTS pada semester I 2023 yang meningkat 8,5 persen YoY. Sebanyak 167 ribu di antaranya merupakan BTS 4G.

“Percepatan integrasi MOCN yang dikombinasikan dengan strategi Go-to-Market yang tepat, membawa kami pada jalur yang tepat dalam memberikan pengalaman terbaik kepada seluruh pelanggan. IOH ingin terus menjadi kolaborator utama dalam mempercepat transformasi digital Indonesia. Hal itu untuk membuka peluang tanpa batas dan memaksimalkan potensi yang ada di masyarakat,” papar Vikram.

Indosat regional Central & West Java (CWJ) juga turut mencatatkan pertumbuhan kinerja yang tetap terjaga pada kuartal kedua tahun 2023.

Hal itu tercermin dari meningkatnya jumlah pelanggan berkualitas hingga lebih dari 800 ribu pengguna (YoY) atau bertumbuh 3 persen. Kemudian, peningkatan trafik data 4G sebesar 15 persen (YoY) serta jumlah pengguna data yang mencapai 4 persen secara tahunan (YoY).

Sepanjang paruh pertama 2023, total BTS 4G di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat telah bertambah lebih dari 8.500 unit BTS. Jumlah itu meningkat 28 persen YoY berbanding periode yang sama tahun lalu.

Hal ini membuktikan semakin mumpuninya performa jaringan Indosat, yang mampu memberikan marvelous experience bagi pelanggannya.

Kini pelanggan Indosat baik IM3 maupun Tri yang tersebar di seluruh Indonesia, sudah dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan.

Di samping itu, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik untuk tambahan 32 persen populasi, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat. Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan sekitar 20 persen pengalaman pelanggan untuk layanan utama, seperti video streaming dan gaming. (Haris)

 

 

Komentar