oleh

Hujan Deras Picu Tanah Longsor di Desa Cirukem Kuningan

Citrust.id – Hujan deras dan angin kencang yang melanda Dusun Manis, Desa Cirukem, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan, Senin (31/1), menyebabkan bencana tanah longsor. Tembok Penahan Tebing (TPT) di depan toko ambruk karena erosi air hujan.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana menjelaskan, hujan dengan intensitas ringan dan lebat terjadi dengan rentang waktu 4,5 jam. Pihaknya mendapat laporan kejadian bencana sekira pukul 18.30 WIB dan langsung menurunkan tim assesment ke lokasi.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, material tanah dan tembok dengan ukuran 18 meter, tinggi tiga meter dan dua meter, menutupi sebagian badan jalan akses Desa Cirukem-Garawangi,” terangnya.

Warga sekitar bersama tim BPBD, damkar, TNI, Polri, aparat desa, tagana dan aparat kecamatan setempat, segera melakukan pembersihan material tanah.

“Lalu lintas arah Desa Cirukem sempat terhambat karena jalan tertutup material longsor. Sekira pukul 20.00 WIB, ruas Jalan Desa Cirukem menuju Garawangi sudah normal kembali,” jelasnya. (Andin)

Komentar