oleh

Hari Inovasi Indonesia, Pertamina Inisiasi Pengelolaan Lingkungan Berbasis Kesejahteraan Masyarakat

Citrust.id – PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading, melalui Fuel Terminal Cikampek, mengadakan kegiatan Inovasi Pengelolaan Lingkungan Berbasis Kesejahteraan Masyarakat dalam rangka menyambut Hari Inovasi Indonesia tahun 2021.

Kegiatan tersebut di laksanakan di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Karawang. Tujuannya untuk mengingatkan kesadaran semua pihak akan pentingnya inovasi bagi perbaikan hidup masyarakat.

Inovasi program One Baby Three Tree (OBAT) bekerja sama dengan Puskemas Lemah Abang dan bidan desa untuk pengadaan tiga pohon atau tanaman setiap kelahiran seorang bayi. Sedangkan program Sidqah Infaq Pohon Pengantin (SIIP) bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Lemah Abang untuk pengadaan satu pohon setiap sepasang pengantin.

Kepala Dinas Pangan Karawang, Kadarisman, menyampaikan apresiasi atas terselengaranya peringatan Hari Inovasi Indonesia melalui launching OBAT dan SIIP. Program itu diharapkan mampu berkontribusi terhadap perbaikan lingkungan, peningkatan kesadaran sumber daya manusia terhadap lingkungan, dan bermanfaat untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran Udara dan Iklim Dinas Lingkungan Hidup Karawang, Sri Mukti, menuturkan, inovasi yang dilakukan Yayasan Generasi Emas Karawang, yang merupakan Binaan CSR Fuel Terminal Cikampek, merupakan sebuah terobosan gerakan membangun lingkungan dan masyarakat secara bersama-sama yang melibatkan berbagai pihak.

“Diharapkan Yayasan mampu mewujudkan Pasir Tanjung menjadi desa unggulan dalam proklim,” ujarnya, Senin (1/11).

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan, mengungkapkan, program itu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia setempat, dengan tetap memperhatikan keseimbangan sumber daya alam yang ada.

“Kegiatan ini sejalan dengan komitmen Pertamina Go Collaborative, yakni membangun kolaborasi baik di lingkungan internal dan eksternal dan Pertamina Go Sustainability untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan. Kegiatan ini juga sebagai wujud kontribusi Pertamina dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Nomor 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi,” pungkas Eko. (Haris)

 

Komentar

News Feed