oleh

Galaksi Paling Gelap di Alam Semesta Ditemukan

Ilustrasi

Cirebontrust.com – Baru-baru ini, teleskop Gemini sepanjang 8 meter berhasil dipakai untuk menemukan galaksi yang paling gelap di alam semesta.

Galaksi itu oleh ilmuwan diberi nama ‘Dragonfly44’ yang letaknya di dekat gugusan bintang Coma atau sekitar 30 tahun cahaya dari Bumi. Guna menemukan Dragonfly44, ilmuwan melakukan observasi selama 6 hari.

Awalnya mereka penasaran karena galaksi Dragonfly44 sangat redup namun memiliki kecepatan tinggi. Redupnya sebuah galaksi menandakan bila ukurannya kecil, alhasil kecepatannya pun seharusnya tidak tinggi. Namun hal itu tidak terjadi di Dragonfly44.

Dragonfly44 diprediksi mempunyai massa sekitar 1 triliun matahari, yang sebetulnya tidak jauh berbeda dari massa galaksi Bima Sakti. Yang membedakan, Dragonfly44 99,99 persennya terdiri dari partikel gelap bukan bintang atau planet.

Bagi Anda yang masih asing, partikel gelap adalah materi tidak terlihat di alam semesta yang mempunyai gaya gravitasi dan menjaga agar benda-benda di luar angkasa tetap pada tempatnya. (Net/CT)

BACA JUGA:   Lahan TNGC Seluas 15 Hektare yang Terbakar Berhasil Dipadamkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed