oleh

Five Dimensional Glass, Si Penyimpan Data Miliaran Tahun

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Lagi-lagi, teknologi tidak bisa dicegah perkembangannya. Jika hari ini kita masih menyimpan data di flashdisk atau hardisk eksternal, ilmuwan dari University of Southampton di UK berhasil menciptakan media penyimpanan data yang dapat menyimpan hingga milyaran tahun. Benda tersebut disebut dengan “Five dimensional glass” yang pertama kali ditunjukan dalam bentuk paper penelitian pada tahun 2013.

Glass storage disc ini bisa menyimpan data hingga 360 terabytes, dan bisa bertahan dalam suhu hingga 1,000 celcius.
dan diharapkan bisa menyimpan data selama 13,8 milyar tahun dalam ruangan bertemperatur 190 celcius. Sejauh ini para ilmuwan sudah “mengawetkan” dokumen-dokumen penting seperti “Universal declaration of human rights” atau pernyataan umum tentang hak-hak asasi manusia. Glass Storage disc bisa menyimpan data hingga 360 terabytes, dan bisa bertahan dalam suhu hingga 1,000 celcius.
dan diharapkan bisa menyimpan data selama 13,8 milyar tahun dalam ruangan bertemperatur 190 celcius. Sejauh ini para ilmuwan sudah “mengawetkan” dokumen-dokumen penting seperti “Universal declaration of human rights” atau pernyataan umum tentang hak-hak asasi manusia. (Net/CT)

BACA JUGA:   UGJ Adakan Konferensi Internasional ASSETH 2019

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed