oleh

Filosofi Permainan Tradisional yang Penting Diketahui

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Memainkan permainan tradisional bersama kawan-kawan memang menyenangkan dan menyehatkan buka? Anda pasti sedang mengenang dan mengingat-ingat permainan favorit saat kecil. Tanpa disadari asal-usulnya dari mana dan mengapa dimainkan begitu, ternyata masing-masing permainan tradisional mengandung sejumlah makna dan filosofi.

Congklak
Lubang pada congklak ibarat jumlah hari di mana masing-masing memiliki peluang yang sama. Selain simbol dari kegiatan menabung, bisa juga dimaknai bahwa kita harus senantiasa jujur ketika berbagi.

Engklek
Engklek yang dimainkan melompat-lompat pada area berpetak ini ternyata memiliki makna yang berkaitan dengan masa depan. Filosofinya, engklek adalah simbol usaha manusia untuk membangun tempat tinggal sesuai dengan aturan yang ada.

Kelereng
Kelereng yang juga biasa disebut gundu, sangat seru jika dimainkan tiga sampai lima orang. Manfaat permainan ini adalah melatih motorik, melatih kemampuan berpikir, mengendalikan emosi, dan bersosialisasi.

Gasing
Butuh kesabaran dan keterampilan untuk memainkan gasing yang bisa dikreasikan jadi adu putar, adu pukul, dan adu bunyi ini. Filosofi perputaran gasing pada porosnya mengibaratkan keseimbangan, konsentrasi, ketahanan, dan seni keindahan. Empat elemen yang penting untuk meningkatkan kualitas hidup.

Galasin
Galasin alias gobak sodor memungkinkan anak-anak belajar menyusun strategi, kerja sama, dan melatih kepemimpinan. Filosofinya, peluang selalu ada, tergantung apakah seseorang itu mau berusaha atau tidak.

Boy-Boyan
Permainan yang berasal dari Jawa ini dimainkan oleh dua grup dengan menggunakan bola empuk dan pecahan batu/genteng/wadah yang disusun menjadi piramid. Manfaat utamanya ialah kerja sama tim dan kecepatan fisik.

Demikian makna filosofi permainan di antaranya dipaparkan oleh Anindita Hanadhyas, Manager Umum Lima Gundu sekaligus Ketua Pelaksana ‘Festival Ayo Main! Permainan Tradisional’ yang berlangsung di Museum Nasional, akhir pekan ini. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed