oleh

Deretan Pemain Arsenal yang Hijrah ke Barcelona

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Arsene Wenger dikenal sebagai pelatih yang gemar melepas bintangnya ke Bercelona. Padahal, Arsenal bisa dikatakan tim yang salalu mencetak pemain-pemain muda handal. Sebut saja sejumlah nama besar seperti Thierry Henry, Cesc Fabregas, Robin van Persie, dan masih banyak lagi. Seperti yang dialami oleh Thierry Henry. Dengan segudang bakat yang luar biasa, pelatih asal Prancis ini tidak mempertahankannya untuk tinggal lebih lama di London, meski berstatus sebagai pemain kunci kala itu. Selain Henry, berikut nama-nama pemain Arsenal yang bergabung dengan Barcelona.

  1. Thomas Vermaelen
    Arsenal melepas Thomas Vermaelen setelah menerima bayaran sebesar 15 juta poundsterling atau sekitar Rp288 miliar dari Barcelona. The Gunners rela melepas Vermaelen ke Barca pada musim panas 2015 karena sang pemain jarang tampil karena cedera. Selama memperkuat Arsenal, bek internasional Belgia itu mencatat 150 pertandingan di berbagai kompetisi. Namun, selama lima musim di Arsenal, Vermaelen hanya mempersembahkan trofi Piala FA musim 2013/14. Sedangkan saat di Barcelona, Vermaelen langsung mendapat gelar juara La Liga Spanyol, Copa del Rey, dan Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub pada musim pertamanya. Akan tetapi, dia hanya dianggap sebagai bek cadangan.
  2. Alex Song
    Barcelona mendatangkan Alex Song pada musim panas 2012 dari Arsenal setelah melepas Seydou Keita ke China, DL Aerbin. Blaugrana harus merogoh kocek sebesar 14,25 juta poundsterling atau sekitar Rp273 miliar untuk mendapatkan tanda tangan gelandang petarung asal Kamerun tersebut. Sementara saat di Arsenal, Song adalah pemain yang tidak tergantikan di posisinya. Selama tujuh musim memperkuat Arsenal, Song telah mengoleksi 204 pertandingan di berbagai kompetisi.
  3. Cesc Fabregas
    Untuk hijrah ke Barcelona, kabarnya Cesc Fabregas membayar Arsenal dengan total biaya pelepasan kontrak senilai 25,5 juta poundsterling atau sekitar Rp489 miliar pada musim panas 2014. Tapi Fabregas tidak lama memperkuat klub yang membesarkanya. Selama di Arsenal, selain menorehkan Piala FA dan Piala Community Shield, Fabregas sempat menjabat sebagai kapten tim. Dia mencatat 303 pertandingan di berbagai komeptisi bersama The Gunners.
  4. Aleksandr Hleb
    Aleksandr Hleb langsung menjadi bintang The Gunners ketika tiba di Inggris pada musim panas 2015. Gelandang sayap asal Belarusia itu mencatat 10 gol dan 16 assist dari 130 pertandingan di berbagai kompetisi pada tiga musim pertamanya di Arsenal. Melihat kecemerlangan Hleb di Arsenal membuat Barcelona tergoda. Klub asal Catalan itu berani membayar 12,75 poundsterling atau sekitar Rp244 miliar ke Arsenal untuk mendapatkan jasa Hleb.
  5. Thierry Henry
    Trofi Liga Champions menjadi alasan kuat Thierry Henry meninggalkan Arsenal untuk bergabung dengan Barcelona. Dan, keputusan Henry tersebut ternyata tepat, di mana dia menjadi salah satu pemain saat Barcelona meraih treble winners pada musim 2008/09. Arsenal tidak bisa menahan Henry ketika Barcelona datang dengan uang sebesar 18 juta poundsterling atau sekitar Rp345,7 miliar pada musim panas 2007, di mana pada tahun tersebut Henry memasuki usia 30 tahun. Alhasil, dengan pertimbangan panjang, manajemen The Gunners melepas sang legenda. (Net/CT)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed