oleh

Cuaca Makin Memburuk, Nelayan Karangsong Alih Profesi Jadi Petani dan Tukang Becak

INDRAMAYU (CT) – Permasalahan yang dialami nelayan membuat nelayan semakin terjepit. Tidak lama adalah membengkaknya perbekalan karena harga solar naik ditambah cuaca yang buruk kian menghampiri. Hal tersebut membuat para nelayan di Desa Karangsong Kecamatan Karangsong, Kabupaten Indramayu, beralih profesi, Kamis (18/12).

Sebagian besar para nelayan ini mengambil keputusan untuk beralih profesi dalam mengantisipasi penghasilannya selama cuaca buruk, Menurut Ono salah satu nelayan mengatakan bahwa sudah beberapa bulan terakhir ini penangkapan ikan semakin menurun.

“Hasil tangkapan kami semakin menurun, karena sebagian besar nelayan takut untuk melaut. Diperkirakan cuaca buruk ini akan berakhir pada bulan Maret 2015 nanti, dan untuk memenuhi kebutuhan kami, kami terpaksa beralih profesi menjadi tukang becak dan petani,” tuturnya.

Menurut Ono, beralihnya sebagian besar nelayan menjadi tukang becak dan petani hanya disaat cuaca buruk terjadi, karena tidak ada profesi yang cocok selain itu. Ia pun mengatakan masih banyak juga nelayan yang nekad melaut karena belum adanya profesi pengganti disaat cuaca buruk.

“Ya kalau kami terpaksa melaut disaat cuaca buruk ini kami cuma bisa berdoa saja, mau gimana lagi mencari rezeki adalah tanggungjawab kami, dan mereka yang sudah beralih profesipun mengaku ingin kembali menjadi nelayan saja karena penghasilan yang tidak mencukupi,” ujarnya. (CT-112)

BACA JUGA:   Pekan Raya Suzuki New Carry Meriahkan Kota Cirebon

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed