BPJS Kesehatan Cirebon Apresiasi Jajaran FKTP Terbaik

  • Bagikan
BPJS Kesehatan Cirebon Apresiasi Jajaran FKTP Terbaik
BPJS Kesehatan Cabang Cirebon memberikan apresiasi kepada FKTP terbaik. (Foto: Ist.)

Citrust.id – BPJS Kesehatan Cabang Cirebon memberikan apresiasi kepada sejumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berprestasi dalam kegiatan Pertemuan Pemantauan dan Evaluasi Pelayanan Primer Tahun 2022, Jumat (3/2/2023).

BPJS Kesehatan Cabang Cirebon memberikan apresiasi kepada FKTP yang paling berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, FKTP dengan rasio rujukan terbaik, FKTP dengan skrining riwayat kesehatan terbanyak, FKTP dengan pemanfaatan Mobile JKN terbanyak serta berbagai kategori lainnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Nopi Hidayat menyampaikan bahwa selama tahun 2022, ada banyak peserta JKN yang merasakan pelayanan yang baik di FKTP. Meskipun dalam pelaksanaannya masih sepenuhnya belum sempurna, hal-hal tersebut menjadi penyemangat untuk BPJS Kesehatan maupun FKTP untuk terus meningkatkan area-area pelayanan yang dapat diperbaiki bersama.

“Apresiasi sebesar-besarnya kami berikan kepada seluruh fasilitas kesehatan yang telah bersinergi memberikan layanan yang terbaik dan berpartisipasi aktif dalam mewujudkan kesinambungan Program JKN selama tahun 2022,” ungkap Nopi dalam kegiatan yang dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan dan Indramayu, serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Cirebon.

Nopi melanjutkan, sepanjang tahun 2022, BPJS Kesehatan Cabang Cirebon telah melakukan penilaian kepada seluruh FKTP di wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan dan Indramayu. Penilaian tersebut dilakukan untuk menilai FKTP mana yang paling berkomitmen dalam memberikan layanan terbaik, FKTP mana yang memiliki rasio rujukan terbaik, FKTP mana yang memiliki skrining riwayat kesehatan terbanyak dan FKTP mana saja yang memiliki pemanfaatan Mobile JKN terbanyak.

“Untuk FKTP paling berkomitmen, variabel utama yang menjadi dasar penilaian di antaranya ialah angka rata-rata rasio rujukan, capaian Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) serta nilai kepatuhan FKTP terhadap Perjanjian Kerja Sama (PKS). Semoga apresiasi yang diberikan dapat menambah motivasi fasilitas kesehatan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, khususnya di tahun 2023 ini,” kata Nopi.

BACA JUGA:  Mahasiswa Demo Lagi Soroti RUU Kontroversi, Ini Janji Walikota Cirebon dan DPRD

Adapun untuk pemenang FKTP paling berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, Kategori Puskesmas, Klinik Pratama, Dokter Praktik Perorangan dan Dokter Gigi Praktik Perorangan diwilayah BPJS Kesehatan Cabang Cirebon dimenangkan oleh Puskesmas Plumbon, Klinik Lintas Pantura, dr. Esah Siti Asiyah dan drg. Farah Kurniati. Sedangkan untuk FKTP dengan rasio rujukan terbaik, FKTP dengan skrining riwayat kesehatan terbanyak dan FKTP dengan pemanfaatan Mobile JKN terbanyak diwilayah BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, dimenangkan oleh Puskesmas Cikedung, Puskesmas Lohbener, dan Klinik Kimia Farma Sumber.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Susi Lusiyanti menyatakan bahwa apresiasi yang diberikan sewaktu-waktu diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Langkah-langkah inovatif juga harus terus dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan dalam Program JKN untuk mendukung hal tersebut. Tentunya dengan melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala.

“Berbagai upaya untuk mengoptimalkan kualitas layanan dalam Program JKN terus dilakukan oleh seluruh stakeholder. Optimalisasi layanan kesehatan secara digital menjadi salah satu upaya yang tengah digencarkan sehingga diharapkan dapat semakin memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan,” Ucap Susi Lusiyanti.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, dr. Esah Siti Aisyah sebagai salah satu pemenang FKTP paling berkomitmen memberikan layanan terbaik tahun 2022 di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Cirebon berharap penghargaan yang diperoleh dapat menjadi penyemangat untuk dapat berusaha lebih baik lagi dan terus mencari inovasi baru dalam melayani peserta JKN.

“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan, semoga ke depan dapat terus memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat,” ujar Esah. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *