oleh

Berwisata Ke Desa Pujon Kidul Kabupaten Malang, Jawa Timur

Citrust.id – Banyak desa memberikan warna tersendiri bagi keasrian nusantara yang mempunyai khazanah alami, dimana setiap alamnya akan memberikan kesan tersendiri bagi yang melihatnya. Dari pemandangan yang berbasis laut, sungai serta pegunungan. Salah satu yang kemudian menawarkan hal tersebut adalah wilayah Malang, Jawa Timur. Dari sebahagian tempat yang menawarkan keindahan alamnya, desa Pujo Kidul juga sangat terkenal dengan desa agro wosata terbaiknya.

Wisata Pujok Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang berada tepat di kawasan payung,, Batu atau 29 kilometer dari pusat malang. Selain menawarkan beberapa keindahan alamnya yang terpelihara rapih, desa ini juga merupakan tempat pengolahan susu sapi, budi daya tanam obat keluarga, air terjun sumber pitu, kafe sawah, kebun buah dan ada beberapa lagi yang bisa dilihat bila kita bewisata ke daerah ini. Beragam pemandangan alam yang bisa kita lihat dan sangat memukau, sebuah panoramah indah seperti gunung, sawah, air terjun

Sebagai desa yang mempuyai basis wisata memiliki beberapa kawasan rumah kampung lestari, Pujon Kidul memang tidak hanya mengedepankan wisata alam seperti kafe sawah. Tapi juga ditunjang dusunnya memiliki sejumlah aktivitas warganya yang produktif. Ada dusun yang konsentrasi khusus susu sapi. Sehingga dusun ini disebut kampung susu.

Ada pula dusun yang warganya konsentrasi pada budi daya tanaman toga. Sehingga disebut kampung Toga. Ada pula kampung markisa, apel dan jambu merah. “Kalau untuk jambu merah sudah bisa dipetik untuk wisata petik buah.

Desa Wisata Pujon Kidul sendiri dikelilingi oleh perbukitan yang menjadikan udara di desa ini cukup sejuk, ditambah dengan banyaknya sawah warga yang nampak sangat hijau membuat mata kita terasa segar ketika melihatnya. Di sekitar persawahan warga terdapat gazebo dan spot foto yang dapat kita gunakan untuk bersantai menikmati pemandangan sambil berfoto ria bersama teman atau keluarga. Semua potensi wisata di Desa Wisata Pujon Kidul Malang ini dikelola oleh Kelompok Desa Sadar Wisata yang ada di desa tersebut. Tak hanya memiliki wisata alam edukatif saja, Desa Wisata Pujon Kidul ini juga memiliki berbagai budaya tradisional yang sangat menarik untuk kita tonton seperti Kuda Lumping, Pencak Silat dan Tarian Sanduk.

Desa Wisata Pujon Kidul sendiri berada di wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Desa Pujon Kidul ini memiliki 3 dusun, yaitu Dusun Maron, Tulungrejo dan Krajan. Setiap dusun memiliki potensi wisatanya masing masing. Karena termasuk Desa Wisata yang cukup lengkap, kini Desa Wisata Pujon Kidul menjadi salah satu tempat wisata favorit di Malang, terutama wisata keluarga. Kenapa dibilang lengkap ? Karena di Desa Wisata Pujon Kidul ini tak hanya terdapat wisata alam saja, melainkan juga terdapat Museum Desa yang tak kalah menarik untuk kita kunjungi. Selain itu juga terdapat Cafe Sawah, Cafe Sawah Desa Pujon Kidul ini menawarkan pemandangan persawaahan warga yang nampak hijau. Di Cafe Sawah inilah biasanya wisatawan berfoto-foto untuk selfie. (diambil dari berbagai sumber) /sw

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed