oleh

Berkat JKN-KIS, Suryadi Tak Khawatirkan Biaya Operasi

Citrust.id – Bagi Suryadi (77), memiliki tubuh yang sehat merupakan hal yang paling penting. Terlebih di usia yang tidak lagi muda, tubuh akan mengalami berbagai perubahan serta rentan terinfeksi berbagai penyakit. Ketika penyakit datang, biaya untuk pengobatan sakit saat ini tidaklah murah. Memiliki kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) aktif dapat mengurangi kekhawatiran akan biaya pelayanan kesehatan apabila sakit.

Suryadi mengatakan, semasa muda ia tidak pernah sakit. Ketika sudah tua lebih sering sakit. Ia sering merasa khawatir kalau sudah sakit. Apalagi sekarang sudah tidak bekerja lagi. Suryadi merupakan peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Ia terdaftar sebagai peserta karena pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Baru baru ini, ia diharuskan menjalani operasi karena adanya gangguan pada saluran reproduksi. Suryadi sempat merasa khawatir akan biaya yang mungkin ia keluarkan untuk menjalani operasi prostat tersebut. Ia bersyukur, seluruh biaya operasi dan perawatan pasca-operasi ditanggung sepenuhnya oleh program JKN-KIS.

“Alhamdulillah, tidak keluar biaya sedikitpun. Semuanya ditanggung BPJS Kesehatan. Sempat takut harus mengeluarkan uang yang banyak, ternyata tidak. Bersyukur sekali jadinya,” ungkap Suryadi, Jumat (26/2).

Ia mengapresiasi layanan rumah sakit tempatnya dirawat. Suryadi merasa memperoleh layanan yang sangat baik. Ia tidak merasa dibeda-bedakan dengan pasien lainnya. Selain itu, dokter dan perawat melayaninya dengan sangat ramah. Suryadi juga semakin bersyukur karena proses operasinya berjalan lancar sehingga ia diperbolehkan pulang keesokan harinya.

Suryadi mengucapkan terima kasih kepada program JKN-KIS karena telah membantunya memperoleh layanan kesehatan. Suryadi pun menyampaikan terima kasih juga kepada peserta JKN-KIS lainnya yang telah membayar iuran secara rutin. Iuran yang dibayarkan membantu peserta yang membutuhkan layanan sepertinya. (Haris)

Komentar

News Feed