oleh

Berendam di Kolam Air Hangat Tidak Lepas dari Bakteri

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Berendam di kolam air hangat umum berisiko membuat Anda sakit. Infeksi yang paling umum ialah berupa benjolan berwarna merah dan gatal. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), infeksi bisa menjadi lebih buruk pada kulit yang tertutup oleh baju renang. Parahnya lagi, bakteri juga dapat masuk melalui uap, yang memicu gangguan paru-paru pneumonia, disebut juga dengan penyakit legiuner.

Setiap tahun, hampir 18.000 orang di Amerika Serikat dirawat di rumah sakit akibat penyakit legiuner, disebabkan oleh bakteri yang dikenal sebagai legionella, menurut CDC.

Kolam air hangat yang tidak atau jarang dibersihkan dan didesinfeksi sangat dapat terkontaminasi dengan bakteri, dan seseorang bisa terinfeksi ketika mereka menghirup uap atau kabut dari kolam mandi air panas tersebut.

Penyakit legiuner biasanya dapat diobati dengan antibiotik, namun bisa saja berakibat fatal pada orang dewasa dengan usia lanjut, para perokok, serta orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Air di kolam air panas dinilai tidak cukup panas untuk membunuh bakteri, justru sebaliknya, benar-benar dapat menjadi lahan bagi bakteri untuk tumbuh lebih cepat. (Net/CT)

BACA JUGA:   Dewan Minta Dishub Kota Cirebon Kaji Lalu Lintas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed