oleh

Antisipasi Covid-19, Delapan Perjalanan KA Argo Cheribon Dibatalkan

Citrust.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus berupaya melakukan berbagai bentuk pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19). Terbaru, PT KAI melakukan penyesuaian perjalanan kereta api (KA), khususnya untuk KA Argo Cheribon.

“Terhitung mulai besok, Minggu (22/3), perjalanan KA Argo Cheribon akan mengalami penyesuaian dengan pembatalan beberapa perjalanan. Kebijakan ini juga untuk mendukung kebijakan social distancing yang diterapkan pemerintah,” tutur Manager Humasda PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif.

Dijelaskan Luqman, besok atau Minggu (22/3), akan ada pembatalan satu perjalanan KA Argo Cheribon. Sedangkan pada Senin (23/3) hingga Selasa (31/3), akan ada pembatalan delapan perjalanan KA Argo Cheribon. Meski ada penyesuaian, masyarakat tetap bisa memanfaatkan perjalanan KA Argo Cheribon lain yang masih tersedia.

“Masih ada 10 perjalanan KA Argo Cheribon yang beroperasi dari 18 perjalanan perhari,” ujar Luqman.

Jadwal perjalanan KA Argo Cheribon yang masih beroperasi di antaranya:

1. Keberangkatan Stasiun Cirebon Tujuan Gambir:

a. KA 15 Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 06.15 WIB
b. KA 23Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 08.35 WIB
c. KA 27Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 14.15 WIB
d. KA 17Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 16.47 WIB
e. KA 25Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 17.30 WIB

2. Keberangkatan Stasiun Gambir Tujuan Cirebon:

a. KA 16Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 10.00 WIB
b. KA 24Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 12.20 WIB
c. KA 30 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 18.10 WIB
d. KA 18Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 20.40 WIB
e. KA 26Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 21.10 WIB

Luqman menegaskan, penyesuaian perjalanan KA Argo Cheribon tersebut bersifat sementara mengikuti kondisi perkembangan status Waspada virus Covid-19 di Indonesia. PT KAI menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan KA atas dibatalkannya beberapa perjalanan KA Argo Cheribon tersebut.

“Semoga pandemi ini segera membaik dan perjalanan serta pelayanan KA akan kembali seperti sedia kala,” ucapnya.

Luqman mengutarakan, bagi para penumpang KA yang sudah melakukan pemesanan tiket KA Argo Cheribon yang dilakukan pembatalan tersebut, pihak PT KAI akan mengkonfirmasi melalui nomor telepon penumpang yang tertera saat pemesanan.

“Kami akan mengembalikan biaya sebesar 100 persen bagi para penumpang KA yang sudah melakukan pemesanan. Kami pun akan menginformasikan untuk melakukan perjalanan pada KA lain yang masih beroperasi, jika berkenan,” katanya.

Selain itu, lanjut Luqman, PT KAI juga telah menerapkan kebijakan pengaturan jarak melalui pemasangan garis pembatas di berbagai area pelayanan stasiun dan di dalam kereta api.

Untuk area stasiun, PT KAI memberikan garis batas di area boarding pass, area loket dan pada kursi yang berada di ruang tunggu stasiun. Sedangkan di dalam kereta, khusus untuk KA jarak jauh dan menengah, atas permintaan penumpang melalui kondektur yang berdinas dapat memindahkan penumpang yang duduk berdekatan, selama masih tersedia kursi kosong pada KA tersebut.

“Upaya ini, merupakan langkah implementasi social distancing yang saat ini menjadi imbauan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Haris)

Komentar