oleh

Yang Perlu Diketahui dari Kolesterol Baik

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Bicara tentang Kolesterol baik (High density lipoprotein), selama ini dipercaya bahwa makin tinggi kadarnya akan semakin baik. Kolesterol HDL disebut “baik” karena kerjanya membersihkan lemak dari pembuluh darah. Orang yang memiliki kadar HDL rendah beresiko tinggi menderita penyakit jantung, sebaliknya dengan orang yang kadar Kolesterol baiknya tinggi.

Tapi, dalam studi berskala besar yang dipublikasikan dalam Clinical Journal of the American Society of Nephrology disebutkan bahwa kadar HDL yang tinggi tidak lebih baik.

Menggunakan data selama satu dekade dari 1,7 juta veteran pria di Amerika Serikat, diketahui bahwa walau kadar HDL yang rendah meningkatkan risiko kematian, tapi demikian juga halnya dengan orang yang level HDL-nya tinggi. Risiko kematian dini ternyata lebih rendah pada mereka yang nilai HDL-nya sedang.

Studi tersebut mungkin memang perlu dikuatkan dengan penelitian lebih dalam, tetapi karena dilakukan dalam periode lama dan partisipan yang besar, maka studi tersebut cukup kuat.

Sebuah penelitian terkait obat untuk menaikkan kadar HDL juga memberi hasil yang mirip. Walau obat itu didesain untuk meningkatkan Kolesterol baik, tetapi tidak ditemukan peningkatan dalam kesehatan jantung. (Net/CT)

BACA JUGA:   Ribuan Warga Ikuti Nyiramkeun Pusaka Kerajaan Talaga Manggung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed