oleh

Wow! Menteri Susi Jadi Tenggelamkan 60 Kapal Pencuri Ikan di Momen HUT RI ke-71

Ilustrasi

Cirebontrust.com – Kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti menenggelamkan kapal pencuri ikan terus dilakukan. Bahkan pada peringatan HUT RI, 17 Agustus lalu KKP bersama TNI AL, Polri, Bakamla, dan Kejaksaan Agung menenggelamkan 60 kapal pelaku illegal fishing.

Penenggelaman kapal itu dilakukan di beberapa lokasi seperti Tarakan, Natuna, Batam, Tarempa, Bitung, Ternate, Morotai, dan Sorong.

Meski begitu, Susi tidak menyebutkan asal negara dari kapal pencuri ikan tersebut. Hal itu mengacu pada perjanjian Indonesia dengan sejumlah negara tetangga.

Penenggelaman sejumlah kapal itu dilakukan dengan cara membuka keran laut atau membocorkan dinding kapal. Langkah itu membuat kapal yang tenggelam bisa menjadi terumbu karang buatan (artificial reef) yang bermanfaat untuk ekosistem di tempat yang telah ditentukan.

Sementara itu, sejak kebijakan ini diterapkan sudah ratusan kapal yang diproses. Mulai 2014 hingga kini tercatat ada 236 kapal pencuri ikan yang ditenggelamkan. (Net/CT)

BACA JUGA:   Ketahuan Curi Motor, Warga Indramayu Babak Belur Dihajar Massa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed