oleh

Warga Bantarjati Gelar berbagai Lomba Agustusan Unik

Citrust.id – Berbagai perlombaan unik diadakan warga Desa Bantarjati, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka untuk memeriahkan perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Antusiasme para anak-anak pun patut diacungi jempol. Walaupun panas terik matahari, mereka tetap semangat mengikuti perlombaan. Sebagian dari mereka sudah memenuhi dari pagi hari untuk mendaftar perlombaan 17-an.

Perlombaan 17 Agustus adalah agenda rutin yang diadakan hampir dilakukan seluruh warga Indonesia. Hal itu untuk mengingatkan sejarah kemerdekaan, menghargai jasa pahlawan dan ulama yang telah gugur demi kemerdekaan Indonesia serta membangkitkan semangat nasionalisme.

Beberapa perlombaan khas 17-an yang dilakukan warga Bantarjati antara lain, pawai sepeda, estapet terong, makan kerupuk, lari goni mengenakan helm, dan beberapa lomba menarik lainnya.

Ketua Panitia perlombaan 17-an, Kadus Adang, didamping Wakil Panitia, Abah Yaya, mengatakan perlombaan terbagi 3 kategori, yakni kategori anak-anak, remaja dan dewasa.

“Acara ini terselenggara berkat partisipasi masyarakat untukb
menghibur warga lingkungan, ucapnya, Sabtu (17/8/2019).

Ramlan Ramadhan sebagai tokoh pemuda mengatakan, nilai yang paling mendasar adalah masyarakat sekitar memaknai, bahwa kegiatan seperti itu adalah berkat perjuangan para pahlawan serta ulama, terutama perjuangan KH Hasyim As’ari serta KH Wahab Hasbullah, pendiri Nahdlatul Ulama.

“Berkat pemikiran-pemikiran serta usahanya, bangsa Indonesia bisa merdeka,” ungkapnya.

Sehari sebelumnya, panitia sudah mempersiapkan alat-alat untuk perlombaan, dan membagi kategori lomba dan hadiah yang akan diberikan.

Panitia lomba kemerdekaan berusaha mengemas acara perlombaan dengan cara yang meriah, efisien, mendidik sekaligus membangun rasa nasionalisme dalam diri, terutama pada anak-anak sebagai generasi masa depan. (Abduh)

BACA JUGA:   Polres Majalengka Perketat Pengamanan Tempat Ibadah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed