oleh

Waduh, Logo Peringatan HUT RI ke-71 Mirip Tanda Lencana Infantri AS?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Beberapa minggu lagi Indonesia akan memperingati 71 tahun kelahirannya sebagai negara merdeka. Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan Proklamasi 17 Agustus itu akan menggunakan logo resmi yang dikeluarkan pemerintah RI.

Setiap tahun, logo ini cenderung tampil berbeda untuk menunjukkan kebaruan. Namun, logo resmi untuk 17 Agustus 2016 sepertinya agak mirip dengan gambar lencana Divisi Infantri ke-71 Amerika Serikat (AS).

Pada logo peringatan ulang tahun ke-71 RI, angka 7 dan 1 ditampilkan bersisian, yang mana bentuknya mirip dengan angka yang sama pada gambar lencana Divisi Infantri ke-71 AS. Keduanya sama-sama menunjukkan angka 7 dan angka 1 serong ke kanan.

Bedanya, pada logo resmi dari pemerintah RI, hanya ada dua warna yakni merah dan putih, dengan kata-kata “Indonesia Kerja Nyata” pada pojok kanan atas. Angka 7 dan angka 1 berwarna putih. Lingkarannya tampil bergeser, sehingga tak utuh bulat.

Sedangkan, pada gambar lencana milik militer AS itu, angka 7 dan angka 1 berwarna biru. Keduanya terletak di dalam lingkaran penuh bulat berwarna merah dengan latar belakang warna putih.

Dilansir laman resmi Direktorat Pembinaan SMK Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, logo Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia secara resmi telah dirilis pemerintah melalui Kemensetneg pada 25 Mei 2016.

Adapun berdasarkan laman Wikipedia, 71st Infantry Divison (United States) merupakan cabang dari militer AS yang aktif pada dua periode, yakni 1943-1946 dan 1954-1956. Kesatuan yang memiliki nama panggilan “Si Lingkaran Merah” itu pernah aktif dalam gelanggang Perang Dunia Kedua. (Net/CT)

BACA JUGA:   Pemkab Majalengka Gelontorkan Rp41 Miliar untuk Akses Wisata

Komentar

News Feed