Trafik Data Telkomsel Selama Ramadan dan Idulfitri Tumbuh hingga 49 Persen

Citrust.id – Selama momen Ramadan dan Idulfitri 2021, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39.7 Petabyte (PB) atau tumbuh 49 persen dibanding momen yang sama tahun lalu.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, trafik layanan data Telkomsel pada periode lebaran 2021 melonjak sekira 39 persen dibandingkan periode lebaran tahun sebelumnya. Hal tersebut juga didorong semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual.

Di sisi lain, layanannSMS mengalami peningkatan sebesar 33 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya. Sedangkan untuk layanan panggilan suara, tercatat peningkatan sebesar 4 persen dibandingkan hari biasa.

Telkomsel juga mencatat sejumlah platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data. Untuk layanan digital terdepan dari Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan trafik penggunaan untuk layanan VoLTE Telkomsel sebesar 12 persen, layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel sebesar 410 persen, dan layanan video conference on demand CloudX Telkomsel sekira 68 persen dibandingkan hari biasa.

Secara umum, selama Ramadan dan Idulfitri 1442 H, masih banyak masyarakat menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring. Layanan video communication dan video streaming yang secara total mampu berkontribusi dalam penggunaan data lebih dari 53 persen atau masing-masing tumbuh sekira 14 persen dan 22 persen, dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk trafik aktivitas digital lain, penggunaan layanan mobile gaming, browsing dan sosial media oleh pelanggan Telkomsel juga tercatat tumbuh masing-masing sekira 81 persen, 36 persen dan 7 persen selama Ramadan dan Idulfitri 2021, dibandingkan dengan hari biasa. Selain itu, Telkomsel mencatat enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan, yakni Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok dan Mobile Legends.

BACA JUGA:  Lagi, Ratusan Buku Nikah di Kabupaten Cirebon Raib Digondol Maling

Sepanjang momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini, secara berurutan, lima wilayah operasional Telkomsel mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momen tahun sebelumnya. Didominasi oleh Sumatra baik Utara, Tengah maupun Selatan 13 persen, Jawa Timur 12 persen dan Jawa Tengah 11 persen dibandingkan dengan hari biasa.

Telkomsel pun telah melakukan optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 554 Point Of Interest (POI) yang secara khusus difokuskan di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan Covid-19, titik transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, dan jalur penyaluran logistik, serta area spesial lainnya. Ragam produk dan layanan berbasis digital serta berbagai promo menarik turut dihadirkan guna menemani masyarakat #BukaPintuKebaikan selama Ramadan dan Idulfitri 2021.

Nugroho menambahkan, pihaknya merasa sangat senang dan bersyukur dapat selalu mendampingi pelanggan di momen Ramadan dan Idulfitri. Semoga upaya itu dapat memberikan kemudahan dan nilai tambah kepada pelanggan dalam menjalani aktivitas ibadah Ramadan dan merayakan Idulfitri 1442 H.

“Sebagai leading digital telco company, Telkomsel secara konsisten terus memastikan prinsip customer-centric di setiap produk, layanan, dan konektivitas yang dihadirkan agar dapat senantiasa mendampingi dan meningkatkan pengalaman masyarakat dalam menjalani aktivitas kesehariannya. Tak ketinggalan, kami tetap berharap pandemi Covid-19 segera berkahir, sehingga kita dapat berkumpul bersama dan beraktivitas dengan normal kembali di momen Ramadan dan Idulfitri berikutnya,” pungkas Nugroho. (Haris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *