oleh

Toleransi Merupakan Kewajiban Semua Orang

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa tantangan terbesar Indonesia adalah toleransi. Pernyataan yang dilontarkan saat sambutan pembukaan World Islamic Economic Forum (WIEF) tersebut pun mendapat tanggapan dari anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay.

Saleh mengatakan bahwa toleransi menjadi  persoalan semua umat beragama. Toleransi tidak hanya dibutuhkan di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain. Dia menyebut ada banyak fakta bahwa umat Islam juga diperlakukan tidak adil di negara-negara di mana Muslimnya minoritas.

Toleransi harus ditanamkan kepada siapa pun. Toleransi adalah keharusan untuk saling memahami. Toleransi, kata dia, bukan kewajiban satu kelompok umat beragama tertentu, tapi kewajiban semua orang.

Menurut Saleh, di Indonesia, tantangan terbesar umat Islam adalah kemiskinan dan kebodohan. Kedua tantangan besar ini masih terus diwariskan pada setiap periodisasi pemerintahan. Bahkan, banyak problematika sosial yang terjadi di masyarakat berawal dari persoalan kemiskinan dan kebodohan.

Karena itu, tugas utama pemerintah adalah mengurangi lapisan kemiskinan dan kebodohan di Indonesia. Lapangan pekerjaan mesti harus dibuka seluas-luasnya. Selain itu, kesempatan untuk mendapatkan pendidikan perlu dibuka dan diprioritaskan bagi mereka yang kurang mampu. (Net/CT)

BACA JUGA:   Bung Wowo Pimpin GMNI Kuningan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed