oleh

Tokoh Legendaris yang Dikenal Masyarakat, Tetapi Belum Ada Bukti Sejarahnya

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Tokoh-tokoh zaman dahulu terutama kisah hidupnya, banyak dipetik dan dijadikan pelajaran hidup oleh masyarakat modern di era sekarang. Cerita itu terus berkembang dari mulut ke mulut sehingga para sejarawan atau peneliti agak kesulitan untuk membuktikan keberadaan sang tokoh. Namun, oleh masyarakat, tokoh-tokoh tersebut hingga hari ini masih dipercaya bahwa pernah ada. Siapa saja? Berikut ulasannya.

  1. Robin Hood merupakan salah satu tokoh paling terkenal di dunia. Setiap orang tahu kalau dia selalu merampok orang kaya untuk dibagikan kepada orang miskin. Ia tinggal di hutan Sherwood, dan memiliki pacar serta teman yang banyak. Tidak ada yang tahu pasti apakah itu semua hanyalah mitos, atau orang seperti Robin Hood benar-benar pernah ada. Begitu banyak teori yang diajukan selama bertahun-tahun, dan banyak sarjana yang melakukan penelitian seumur hidup untuk membuktikan keberadaannya. Legenda Robin Hood pertama kali muncul pada sekitar tahun 1300-an, meskipun ada yang menyatakan Robin Hood hidup sekitar tahun 1160.
  2. Raja Arthur merupakan salah satu cerita legenda paling terkenal yang pernah ada. Legenda tentang dirinya, Anggota meja bundar, penyihir pribadinya; Merlin, istri yang berkhianat; Guinevere dan pedang legendarisnya; Excalibur, merupakan kisah yang sangat menarik. Tapi sampai saat ini kisah tersebut masih sebatas cerita rakyat. Sejarawan belum bisa menemukan bukti defenitif apapun tentang kebenaran legenda tersebut.
  3. Mona Lisa, lukisan paling terkenal di dunia ini ternyata adalah salah satu misteri terbesar yang belum terpecahkan hingga saat ini. Sejak Leonardo Da Vinci melukisnya pada awal 1500-an, orang-orang menerka-nerka siapa sebenarnya sang Mona Lisa. Para Sejarawan seni memiliki pendapat berbeda-beda, dari Mona Lisa adalah ibu Da Vinci, ada juga yang meyakini dia adalah wanita bangsawan Spanyol, ada juga yang berpendapat Mona Lisa hanyalah seorang wanita penghibur.
  4. Helen of Troy. Pada masanya, Helen of Troy adalah wanita tercantik di dunia. Para lelaki berperang untuk memilikinya, kerajaan jatuh karenanya, dan seluruh akibat dari perang Troya adalah karena kesalahannya. Namun tetap saja para sejarawan belum bisa membuktikan apakah wanita ini pernah ada, walaupun kisah tentangnya sangat menarik.
  5. Don Juan adalah pahlawan rakyat legendaris yang berasal dari cerita Spanyol. Kisahnya menjadi populer di abad ke -17 dan menyebar melalui Eropa. Kisah Don Juan terus dikisahkan hingga hari ini dan sejarawan masih mencari bukti bahwa ia memang seorang pria yang pernah hidup pada zamannya. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed