oleh

Tingkatkan Kualitas, Wasit Kabupaten Cirebon Rutin Adakan Penyegaran

CIREBON (CT) – Sebanyak 20 wasit yang tergabung dalam Wasit Asosiasi Kabupaten (ASKAB) PSSI Kabupaten Cirebon mengadakan penyegaran wasit, Minggu (31/7), di Stadion Rangga Jati Sumber, Kabupaten Cirebon.

Koordinator wasit Askab PSSI Kabupaten Cirebon, Heru Hidayat, mengungkapkan, suksesnya sebuah kompetisi maupun pertandingan sepakbola salahsatunya ditentukan oleh mutu perangkat pertandingan atau wasit.

Oleh karena itu, penyegaran wasit Kabupaten Cirebon rutin dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas wasit. Menurutnya, tujuan dasar seorang wasit adalah memimpin pertandingan agar berjalan baik dan lancar hingga usai. “Agar tujuan itu tercapai, wasit wajib dalam kondisi prima ketika memimpin suatu pertandingan,” ujar Heru.

Penyegaran wasit Kabupaten Cirebon tersebut terdiri dari latihan fisik, pengambilan keputusan, hingga teknik memimpin pertandingan. Selain itu, dibahas juga aturan baku dari FIFA atau ‘Law of The Game’  yang berisi peraturan resmi sepakbola.

Pada kesempatan itu juga dimanfaatkan wasit Kabupaten Cirebon untuk mendiskusikan tujuh peraturan sepakbola terbaru yang resmi dirilis FIFA pada Juni lalu.

Salah satu poin dalam peraturan baru itu menerangkan, bahwa saat kick off, pemain diperbolehkan menendang atau mengoper bola ke rekannya yang ada di wilayah permainan tim sendiri.

Di tempat yang sama, salah satu wasit berlisensi C2 Provinsi, Firman Hidayatullah, mengaku sangat antusias dan bersemangat mengikuti penyegaran wasit Kabupaten Cirebon tersebut. “Diharapkan kegiatan ini dapat memunculkan wasit-wasit handal dari Kabupaten Cirebon,” katanya. (Haris)

BACA JUGA:   Pemkab Majalengka Gelontorkan Rp41 Miliar untuk Akses Wisata

Komentar

News Feed