oleh

Terlalu Sering Olahraga juga Tidak Baik Lho

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Melewatkan waktu istirahat di akhir pekan setelah hampir seminggu penuh berolahraga, ternyata lebih banyak bahayanya ketimbang manfaat sehatnya.

Michelle Opperman seorang direktur kelompok kebugaran di lembaga Crunch, serta Jan Milano, seorang pelatih olahraga di CSCS dan DIAKADI, mengatakan, bahwa ada efek buruk fisiologis dan psikologis yang dapat muncul ketika seseorang terlalu memforsir dirinya berolahraga setiap hari, tanpa ada jeda atau waktu pemulihan. Efek tersebut disebut dengan “Sindrom Overtraining.”

Kemungkinan yang akan terjadi adalah kadar glikogen habis. Baik Opperman dan Milano, keduanya mencatat bahwa glikogen merupakan sumber energi bagi tubuh untuk melakukan aktivitas. Saat tubuh terlalu lelah akibat setiap hari berolahraga, kadar glikogen dapat berkurang.

Kortikosteroid meningkat. Kortison dan kortisol merupakan hormon stres yang tidak bersahabat bagi penurunan berat badan, dan bahkan dapat menyulitkan pembakaran lemak perut. Hormon tersebut dapat meningkat saat tubuh tidak diberi kesempatan untuk beristirahat secara total. (Net/CT)

BACA JUGA:   Polisi Jaga Kebaktian Rutin di Gereja

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed