oleh

Telkomsel Terus Luncurkan Layanan 5G di Berbagai Wilayah

Citrust.id – Melanjutkan kehadiran di kota Jakarta, Medan, Surakarta, dan Balikpapan, Telkomsel terus mengakselerasi pengembangan ekosistem 5G dengan meluncurkan layanan Telkomsel 5G di Bandung, Senin (7/6).

Keberlanjutan perluasan layanan Telkomsel 5G secara bertahap dan terukur itu sekaligus mendorong penguatan ekosistem digital lintas sektor dengan menghadirkan solusi gaya hidup digital, dengan komitmen menghadirkan the best 5G experience.

Direktur Human Capital Management Telkomsel, R. Muharam Perbawamukti, mengatakan, hadirnya layanan Telkomsel 5G di lima kota itu menjadi wujud komitmen Telkomsel sebagai the first 5G operator in Indonesia dalam menghadirkan akses konektivitas digital terdepan.

Hal itu akan semakin mendorong keterbukaan peluang-peluang yang lebih luas lagi untuk segala kemungkinan, termasuk dalam hal pemberdayaan masyarakat dan transformasi sektor industri. Komitmen Telkomsel selanjutnya adalah memastikan 5G tersedia untuk semua orang di Indonesia, baik untuk segmen konsumen, pemerintah, akademisi, maupun industri.

“Untuk itu, kami secara bertahap akan memperluas jangkauan 5G dan mengembangkan solusi digital melalui layanan 5G dengan kualitas terbaik, jaringan berkecepatan tinggi, dan latensi rendah. Selain itu, mendorong kolaborasi yang semakin kuat antar-pemangku kepentingan yang memiliki tujuan kuat yang sama dalam melakukan transformasi digital untuk mendukung aktivitas keseharian,” ujarnya.

Muharam menambahkan, hadirnya jaringan Telkomsel 5G mampu meningkatkan kapabilitas digital nasional dengan memajukan sektor-sektor unggulan di kota-kota tersebut. Salah satunya sektor pariwisata dengan diversifikasi layanan dan jasa melalui optimalisasi teknologi digital terdepan.

Sektor pendidikan juga dapat mendukung upaya pengembangan riset yang terukur dan tepat untuk memastikan pemberdayaan teknologi 5G yang tepat guna. Selain itu, 5G juga dapat mendorong implementasi Industry 4.0 melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional untuk berbagai sektor industri.

Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya, S.Si., M.Si., mengatakan, sivitas akademika Telkom University berbangga hati menjadi kampus pertama yang bisa menikmati jaringan 5G di Indonesia. Pihaknya akan terus berkomitmen bersama Telkomsel untuk bersama mengembangkan jaringan 5G hingga mampu memberikan perubahan yang signifikan bagi kehidupan masyarakat ke depan.

Telkom University juga berkomitmen untuk terus berkolaborasi dan berkontribusi bersama dengan seluruh stakeholder baik dari regulator, operator dan juga pemerintah daerah , melalui jaringan 5G Telkomsel. Pemanfaatan 5G di Telkom University akan sangat membantu berlangsungnya tugas utama pendidikan tinggi, yakni tridharma pendidikan tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Adiwijaya berharap, dukungan 5G di kampus Telkom University mampu menumbuhkan semangat para peneliti Telkom University untuk terus mengembangkan riset-riset dan menghasilkan inovasi-inovasi yang bermuara para kebermanfaatkan masyarakat indonesia.

“Sebagai center of excellence, kami berkomitmen menghasilkan digital talent terbaik yang dibutuhkan bangsa serta mampu mendukung dan mengembangkan teknologi 5G dan kemandirian digital Indonesia pada masa depan. Terima kasih kepada Telkomsel yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menikmati jaringan 5G pertama di Indonesia,” tuturnya.

Pada fase awal peluncuran di lima kota tambahan itu, layanan Telkomsel 5G telah tersedia di beberapa wilayah yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap untuk di kota Bandung, jaringan Telkomsel 5G hadir di Telkom University dan Institut Teknologi Bandung. Kehadiran teknologi 5G dari Telkomsel di kedua kampus ternama itu ditujukan untuk mendukung riset yang dilakukan oleh para mahasiswa dalam mengembangkan pemanfaatan teknologi 5G yang tepat guna bagi kehidupan masyarakat.

Hal itu sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam menghadirkan teknologi 5G, tidak hanya untuk untuk mengakselerasi adopsi gaya hidup digital yang lebih produktif dan inovatif oleh masyarakat, tetapi juga untuk mendorong transformasi Indonesia menuju kedaulatan dan kemandirian digital yang utuh. Keunggulan teknologi 5G dapat membuka lebih banyak peluang terciptanya solusi dan inovasi digital yang lahir dari para talenta tanah air.

“Harapannya, dengan kehadiran Telkomsel 5G di Indonesia, masyarakat tidak hanya menjadi smart digital user atau sekedar menjadi pengguna, melainkan menjadi smart digitalpreneur atau pemain utama dalam ekosistem pemanfaatan teknologi 5G dan berkontribusi lebih terhadap penguatan perekonomian dan ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan,” jelas Muharam.

Sementara itu, Bupati Bandung, Dadang Supriatna, sangat mengapresiasi komitmen dan upaya Telkomsel untuk terus menghadirkan layanan komunikasi broadband mutakhir di Kabupaten Bandung.

“Kabupaten Bandung berkomitmen untuk dapat menghadirkan digitalisasi dan layanan publik yang dapat memberikan pengalaman dan kemudahan bagi warga. Oleh karenanya, kami berharap, kolaborasi dengan Telkomsel pada masa mendatang akan mampu membuka peluang-peluang baru yang mampu memajukan wilayah Kabupaten Bandung,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana, menegaskan, saat ini Pemerintah Bandung berada di rangking ke-28 dalam penyelenggaraan smart city dari Eden Strategy Institute.

“Ini artinya, digitalisasi yang dilakukan pemerintah kota telah diakui oleh dunia. Dengan hadirnya teknologi 5G Telkomsel, kami berharap akan ada sinergi dan kolaborasi yang baik untuk menghadirkan pelayanan terbaik bagi masyarakat kota Bandung,” tandasnya. (Haris)

Komentar

News Feed