oleh

Sitiwinangun Diresmikan sebagai Desa Wisata Gerabah

CIREBON (CT) – Kabupaten Cirebon kini memiliki satu lagi destinasi wisata. Adalah Desa Sitiwinangun Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon resmi dijadikan Desa Wisata gerabah, (20/02).

Persmian Sitiwinangun sebagai daerah wisata gerabah dihadiri Deputi Kementrian Koordinator Perekonomian, Asisten Deputi Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Deputi Kementrian Koperasi UMKM, Forum Bisnis Cirebon, Unsur Muspika Desa Sitiwinangun dan Sultan Kasepuhan Cirebon, Sultan Sepuh XIV Arief Natadiningrat, SE.

Menurut Sultan Arief, dalam peresmian tersebut berjalan lancar dan disambut antusias warga. Kegiatan peresmian tersebut atas kesepakatan bersama dan memilih Desa Sitiwinangun karena potensi wisata kerajinan gerabah yang sudah dilakukan sejak lama. “Alhamdulillah ini sebagai bentuk pengakuan terhadap kerajinan gerabah di Cirebon oleh pemerintah,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, selain meresmikan Desa Wisata juga disuguhkan berbagai macam kesenian Cirebon seperti tari topeng dan tayub genjring sidapurna. Juga warga menghidangkan kue apem dan kue tapel.

Sultan Arief menambahkan, Desa Sitiwinangun sedang dibina untuk meningkatkan produktifitas dan pemasaran gerabah. “Diharapkan pada tahun 2017 nanti Paket wisata rute ke Desa Sitiwinangun sebagai wisata gerabah sudah menjadi desa tujuan wisata andalan cirebon,” pungkasnya. (Imam Musyaffa)

BACA JUGA:   Ribuan Santri Majalengka Ikuti Jalan Sehat Bersarung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed