oleh

Sembilan Warga Positif Covid-19, Bupati Acep Lemas

Citrust.id – Bupati Kuningan, Acep Purnama, harus berbesar hati menerima laporan hasil swab yang diperoleh dari Laboratorium Kesehatan Provinsi, Senin (29/6) malam.

“Saat ini, saya agak sedikit lemas mengumumkan hasil test swab kemarin yang dilaporkan Dinkes. Dari 390 orang yang menjalani test swab, sembilan orang di antaranya dinyatakan positif Corona,” ujar Acep, Selasa (30/6).

Dikatakan Acep, angka tersebut hasil test swab di enam kecamatan. Setiap kecamatan ada yang positif. Yang paling tinggi angkanya adalah Kecamatan Kramat Mulya sebanyak tiga orang disusul Lebakwangi dua orang. Sedangkan Kecamaatan Cilimus, Kuningan, Cigugur, dan Darma, masing-masing satu orang.

Acep menjelaskan, pada awalnya, Kuningan bersiap memasuki masa New Normal atau Adaptasim Kebiasaan Baru (AKBH). Namun, berdasarkan hasil swab tersebut, ia mengambil kebijakan dengan menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM).

“Pembatasan Sosial Berskala Mikro ditetapkan sesuai dengan wilayah yang terpapar. Patroli aparat keamanan pun akan kembali ditegakkan untuk meningkatkan disiplin masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Kuningan, AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, mengatakan, saat ini, penerapan disiplin masyarakat sudah mulai longgar.

“Ada beberapa faktor penyebabnya. Pertama, euforia bahwa Kuningan zona biru dan kedua persiapan New Normal kemarin,” ujarnya.

Kapolres mewanti-wanti warga Kuningan untuk tetap menggunakan masker, jaga jarak, dan mengurangi kerumunan.

“Dengan PSBM, kami akan kawal daerah yang dinyatakan positif. Sedangkan untuk makro, kami akan kawal kembali di pusat keramaian, pariwisata termasuk pembatasan jumlah pengunjung dan waktu oprasional,” tandasnya. (Andin)

BACA JUGA:   Kecap Khas Kuningan semakin Diminati

Komentar

News Feed