oleh

Selain Sumber Pendapatan, Gurun Garam Uyuni Juga Menarik Wisatawan

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Salar de Uyuni atau Salar de Tunupa merupakan dataran garam terluas di dunia. Salar de Uyuni terletak di Departemen Potosi dan Oruro, Bolivia bagian Tenggara, dekat puncak Andes, pada ketinggian 3650 m. Sekitar 40.000 tahun yang lalu, danau ini merupakan bagian dari Danau Michin, danau besar pada masa prasejarah. Ketika mengering, terdapat 2 danau yang tersisa, yakni Danau PoopĆ³ dan Uru Uru, serta 2 gurun garam terbesar, Salar de Coipasa dan Salar de Uyuni.

Diperkirakan, Salar de Uyuni mengandung 10 miliar ton garam, dan kurang dari sekitar 25.000 ton garam diperoleh tiap tahun. Setiap bulan November, Salar de Uyuni menjadi daerah hunian bagi 3 spesies burung Flamingo di Amerika Selatan: burung Flamingo Chili, Andes, dan James.

Salar de Uyuni adalah daerah tujuan wisata terkenal. Pemandangan sangat indah disuguhkan oleh tempat ini. Saat hujan, wisatawan akan menemukan permukaan akan tergenang dengan air dan membentuk danau yang dangkal. Pantulan sinar matahari berpendar dengan endapan garam dan lapisan permukaan air yang tipis dan tenang membuatnya bak cermin raksasa yang merefleksikan langit maupun objek-objek diatasnya. (Net/CT)

BACA JUGA:   Pakai Sarung, Acep Purnama Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri di Kuningan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed