oleh

“Sedekah Bumi” Gunungjati Digelar Besok, Sejumlah Warga Persiapkan Replika untuk Diarak

Cirebontrust.com – Masyarakat Gunungjati Kabupaten Cirebon kembali menggelar Karnaval Budaya, guna memeriahkan even budaya “Sedekah Bumi” pada esok hari, Sabtu (13/10).

Even tersebut merupakan agenda tahunan yang selalu dinanti tidak hanya oleh masyarakat Gunungjati, akan tetapi juga oleh ribuan masyarakat Cirebon dan di luar Cirebon.

Dalam Karnaval Budaya, ratusan replika hasil kreasi masyarakat gunungjati akan diarak, dimulai dari area Makam Kramat Sunan Gunungjati Desa Astana hingga Bunderan Krucuk Kota Cirebon.

Acara karnaval tersebut setiap tahunnya dilaksanakan oleh masyarakat Gunungjati, yang diperkirakan akan dimulai pada pukul 12.30 WIB hingga petang.

Dari pantauan Cirebontrust.com, di kompleks area Makam Kramat Sunan Gunungjati, sejumlah warga tengah sibuk menyelesaikan replika untuk diarak pada Karnaval tersebut.

“Kami mengerjakan replika ini sejak dua bulan yang lalu dengan biaya hampir 10 juta rupiah, dari hasil swadaya masyarakat,” ujar Suheri, sembari merampungkan replika “Gapura Keraton” yang ia buat.

Tradisi sedekah bumi atau pesta laut sudah menjadi agenda tahunan masyarakat pesisir Gunungati.

Selain arak-arakan, sedekah bumi tersebut juga akan dimeriahkan panggung hiburan, sandiwara, dan gelaran wayang kulit serta tari topeng. (Sukirno Raharjo)

BACA JUGA:   Kembali Pimpin Dekopin, Nurdin Halid Tingkatkan Daya Saing Koperasi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed