oleh

Ratusan Warga Desa Sakerta Timur Merihkan Pesta Arak-arakan Hasil Bumi

Kuningantrust.com – Sebagai wujud syukur atas melimpahnya hasil panen tahun 2017, ratusan warga Desa Sakerta Timur, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan menggelar tradisi babarit atau sedekah bumi.

Tradisi ini, digelar setiap setahun sekali, dengan mengarak hasil bumi keliling kampung oleh warga setempat. Ratusan warga desa setempat pun terlarut dalam kebahagiaan bersama dengan beramai ramai mengarak hasil bumi tersbeut.

“Kita sudah rutin membawa puluhan tumpeng yang dihias, membawa sayuran serta buah buahan hasil panen. Semua diikutkan dalam kegiatan ini, baik orang tua, remaja dan anak anak, mereka antusias mengikuti tradisi babarit atu sedekah bumi ini,” kata Cucu Sudrajat Kepala Desa Sakerta Timur.

Dijelaskannya, arak-arakan warga yang membawa hasil bumi, akan berakhir di sebuah lapangan dan di sambut dengan dentuman meriam bambu untuk meramaikan tradisi babarit. Hasil bumi yang sudah terkumpul di lapangan setempat, kemudian didoakan dan dimakan beramai ramai bersama warga.

“Tradisi babarit atau sedekah bumi dilaksanakan warga Sakerta Timur sebagai wujud sukur atas melimpahnya hasil panen tahun ini. Selain itu, hasil panen dan hasil bumi kali ini telah memberikan sumber kehidupan bagi warga kami,” kata Pramu salah seorang warga peserta pesta rakyat.

Diharapkannya, tradisi babarit atau sedekah bumi terus dilestarikan, khususnya kepada generasi muda. Karena tradisi sedekah bumi, merupakan bagian dari pelestarian budaya sunda serta simbol kebersamaan antar warga setempat. (Ipay)

BACA JUGA:   Sintesis Pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD)

Komentar

News Feed