oleh

Peringkat Indonesia Melesat Usai Raih Emas Olimpiade

Ilustrasi

CIREBON (CT) –  Sejauh ini Indonesia telah mengumpulkan total satu emas dan dua perak dari cabang angkat besi yang disumbangkan Sri Wahyuni Agustiani dan Eko Yuli Irawan.

Medali emas yang disumbangkan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, membuat peringkat Indonesia melompat dari semula di peringkat ke-56 menjadi peringkat ke-39 di klasemen sementara Olimpiade 2016.

Jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN, peringkat Indonesia masih di atas Malaysia, Vietnam, Filipina dan Singapura, namun masih di bawah Thailand yang meraih dua medali emas, satu perak dan satu perunggu.

Seluruh medali Thailand didapatkan dari cabang angkat besi yaitu satu nomor angkat besi putri 48KG, 58KG, dan nomor 56KG putra. Sementara itu, Vietnam yang duduk di peringkat ke44 mengoleksi satu emas dan satu perak yang seluruhnya datang dari nomor menembak.

Satu negara ASEAN lain yang telah mengumpulkan satu emas adalah Singapura yang kini duduk di peringkat 49. Mereka merebut emas lewat perenang 21 tahun, Joseph Schooling.

Pencapaian Schooling sendiri mengejutkan karena dilakukan pada cabang yang didominasi Amerika Serikat dan negara-negara Eropa. Schooling merebut emas dari nomor 100 meter gaya kupu-kupu dengan mengalahkan Olimpian pengumpul medali emas terbanyak sepanjang masa, Michael Phelps.

Satu perak yang didapatkan Goh Liu Ying/Chang Peng Song telah membuat Malaysia kini duduk di peringkat 56. Malaysia mengoleksi dua perak dari bulutangkis dan loncat indah, serta satu perunggu dari nomor sepeda. (Net/CT)

BACA JUGA:   Seorang Pamong Desa Ditemukan Tewas di Kantornya

Komentar

News Feed