oleh

Perguruan Tinggi Terkeren di Dunia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Banyak perguruan tinggi yang menawarkan lulusan terbaik. Memberikan fasilitas dan gedung yang bagus. Banyak cerita di balik berdirinya suatu perguruan tinggi. Berikut universitas terunik yang ada di dunia dengan segala ceritanya.

  1. Università di Bologna (Universitas Bologna)
    Universitas Bologna—atau Università di Bologna alias UNIBO dalam bahasa aslinya—di kota Bologna, Itali adalah universitas bersejarah.
    Kenapa? Bukan cuma karena UNIBO adalah universitas pertama dan tertua di dunia, tapi juga karena yang pertama kali menciptakan istilah “universitas”, yang diambil dari bahasa Latin, yang mengacu kepada institusi perguruan tinggi. Universitas yang berdiri pada tahun 1088 ini punya daya tampung sekitar sepuluh ribu  mahasiswa di 11 fakultasnya. Kampus UNIBO nggak hanya ada di kota Bologna, tetapi tersebar di kota Ravenna, Forli, Cesena, Rimini, dan bahwa Buenos Aires di Brazil. Beberapa lulusan UNIBO yang terkenal adalah Paus Alexander VI, Paus Gregory XV, Dante Alighieri, Umberto Eco, dan Giorgio Armani.
  2. Universidad de Salamanca (Universitas Salamanca) Madrid, Spanyol
    Gedung Universitas Salamanca memang super kece dan sangat padat dengan sejarah, sehingga tidak heran menjadi objek wisata.
    Perguruan tinggi yang diresmikan oleh Raja Alfonso IX pada tahun 1164 ini tadinya adalah biara Katolik kuno, dan sampai sekarang, bentuk arsitektur aslinya dengan segala detil cantiknya masih dipertahankan. Universitas Salamanca tidak hanya diminati oleh calon mahasiswa dari seluruh daratan Spanyol, tetapi juga dari berbagai negara. Pasalnya, perguruan tinggi ini terkenal dengan program bahasa Spanyolnya untuk mahasiswa asing, sehingga setiap tahunnya, 2000 mahasiswa asing dari luar Spanyol mendaftar di Universitas Salamanca.
  3. University of Chicago, Chicago, Amerika Serikat
    University of Chicago atau UChicago adalah sebuah perguruan tinggi swasta di kota Chicago, Amerika Serikat, dan merupakan salah satu perguruan tinggi top di Amerika Serikat. Di berbagai versi ranking universitas sedunia, UChicago sering masuk 10 besar. Sebagai salah satu persyaratan masuk UChicago, calon mahasiswa harus menyertakan beberapa essay di dalam dokumen pendaftarannya. Isi essay-nya harus berupa respon terhadap pertanyaan yang diberikan pihak universitas.
  4. Royal Holloway University of London, London, Inggris
    Royal Holloway University of London atau RHUL adalah sebuah universitas riset di London, Inggris. Universitas ini termasuh kecil, dengan 20 departemen dan lebih dari 9,000 mahasiswa dari ratusan negara di dunia. Sebagai salah satu institusi riset top di dunia, riset-riset RHUL sangat terkenal karena berhasil memberikan dampak yang luas. Di bidang perkuliahan, RHUL dikenal mempunyai jurusan Seni dan Kebudayaan yang kuat.
  5. University of Oxford, Oxford, Inggris
    sepertinya Youthmanual tidak perlu memperkenalkan University of Oxford. Bersama dengan University of Cambridge, University of Oxford adalah salah satu universitas tertua, terbesar, dan terprestis sedaratan Inggris Raya. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed