oleh

Penentuan Wabup Cirebon Perlu Perhatikan Keinginan Publik, Bisa Jadi Ini Kriterianya

Citrust.id – Spekulasi mengenai pengisian jabatan wakil bupati Cirebon yang akan mendampingi Imrod Rosyadi terus bergulir. Meski sejumlah nama sudah mengikuti proses penjaringan di PDI Perjuangan sebagai parpol pengusung bupati dan wabup Cirebon, namun ada beberapa kriteria yang dinilai patut dipenuhi wabup.

Pengamat politik Cirebon, Sutan Aji Nugraha menjelaskan, posisi wabup Cirebon kiranya bisa segera diisi. Bersamaan dengan itu, Plt bupati juga didefinitifkan. Langkah ini perlu segera dilakukan agar stabilitas roda pemerintahan bisa berjalan dengan baik.

“Proses penentuan calon wabup Cirebon diharapkan bisa segera rampung. Karena posisi Pak Imron saat ini juga Plt bupati, tidak punya ruang gerak yang leluasa dalam hal pengambilan kebijakan,” ungkap Aji.

Ia menilai, ada beberap kriteria yang perlu diperhatikan dalam penentuan cawabup Cirebon. Diantaranya figur yang memiliki pengalaman dalam kepemimpinan daerah dan memahami kondisi Kabupaten Cirebon.

“Selain paham tata kelola pemerintahan, orang yang mengisi kursi wabup kiranya bisa menjadi penyelaras antara program pembangunan kabupaten dan pemerintah provinsi,” tuturnya.

Menurutnya, dalam pengisian posisi pendamping bupati, perlu juga memperhatikan masukan publik. Semisal, tidak melulu harus berlatarbelakang politisi. “Bisa dari kalangan profesional atau misalnya teknokrat, agar mewujudkan percepatan pembangunan,” katanya. (Aming)

BACA JUGA:   Kenaikan Harga Jagung Tak Diimbangi Jumlah Produksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed