oleh

Penemuan Terbaru Spesies Dinosaurus Bersayap

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Jika mendengar nama gigi tajam atau leher panjang, ingatan kita akan tertuju pada film The Lost World atau yang paling fenomenal, Jurasic Park. Keberadaan dinosaurus memang mengundang daya tarik tersendiri terutama bagi para ilmuwan. Di era perkembangan teknologi yang semakin canggih, peluang mendapatkan jejak atau fosil dinosaurus semakin terus diteliti dan dikembangkan.

Ada beberapa jenis penemuan fosil dinosaurus terbaru yang berhasil dikuak oleh sejumlah peneliti. Seperti Yi Qi. Biasanya nama dinosaurus identik dengan nama barat atau latin. Para peneliti dari Linyi University, Cina telah mengidentifikasi fosil dinosaurus yang berbeda dari yang lain. Tidak seperti fosil dinosaurus yang pernah ditemukan sebelumnya, dinosaurus ini memiliki bulu hasil evolusi awal. Dinosaurus ini juga tidak seperti kerabat dekatnya, dinosaurus burung dan terbang. Spesies baru ini memiliki tulang pergelangan panjang yang terhubung dengan jaringan lembut berdaging. Para peneliti dari Tiongkok menamai penemuannya dengan nama Yi Qi yang artinya ‘sayap yang aneh’. di bilang aneh karena sebagian terlihat seperti kelelawar, dan sebagiannya terlihat seperti burung bias.

Ada pula Anzu Wylei. Yang satu ini adalah hewan pertengahan antara jenis burung dan juga jenis reptil. Ciiri-ciri burung terlihat pada sayap, ekor, bulu, dan cakar kakinya. Namun bentuk tubuh, kepala yang keras, serta mulut yang dipenuhi gigi kecil dan tajam lebih condong seperti reptil. Hewan satu ini dijuluki chicken from hell atau ayam dari neraka. Perawakannya seperti ayam, tapi berbentuk reptil yang terlihat sangar. Makhluk ini diperkirakan hidup sekitar 68 juta tahun yang lalu. (Net/CT)

BACA JUGA:   Komisi II DPRD Kota Cirebon Pertanyakan Konsep Cirebon Bersih DLH

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed