oleh

Peneliti Temukan Bunga Begonia Jenis Baru

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia  (LIPI) menemukan jenis baru begonia yang terdapat di Taman Nasional Manusela Kepulauan Seram, Provinsi Maluku.

Menurut Wisnu H Ardi, staf peneliti Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI, bunga tersebut diberi nama Begonia manuselaensis. Penemuan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara dirinya dengan peneliti Kebun Raya Eka Karya Bali I Made Ardhaka setelah melalui identifikasi dari akhir 2015.

Begonia manuselaensis baru dipublikasikan di Jurnal Reinwardtia edisi Juni 2016. Ciri-ciri jenis baru Begonia yang baru ditemukan tersebut yakni tumbuh merayap, memiliki sisik kecil berwarna merah pada bagian batang dan tangkai daunnya. Selain itu, daunnya berbentuk bulat telur dan berukuran kecil, berbunga sedikit.

Jenis tersebut, dalam setiap kali perbungaan terdapat hanya dua bunga jantan dan satu bunga betina (uni flora). Karakter tersebut yang membedakannya dari jenis yang paling mirip yakni Begonia gemella dari Sulawesi Utara. (Net/CT)

BACA JUGA:   Program Livelihood/PPMK dalam Penanganan Kumuh

Komentar

News Feed