oleh

Pemkot Cirebon dan DPRD Bahas Realisasi Pembangunan CORR

Citrust.id Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon dan DPRD membahas realisasi rencana pembangunan jalan lingkar luar atau Cirebon Outer Ring Road (CORR).

Rencana pembangunan CORR diulas dalam rapat kerja antara Pemkot Cirebon dan Komisi II DPRD Kota Cirebon, Kamis (21/4/2022).

Dalam rapat kerja di ruang rapat utama Griya Sawala gedung DPRD Kota Cirebon itu, Komisi II mendorong Pemkot Cirebon merealisasikan pembangunan CORR.

Usai raker, Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH, mengatakan, ia mengapresiasi sinergi Komisi II DPRD untuk bersama mewujudkan pembangunan CORR.

Azis mengakui, perencanaan pembangunan CORR yang membentang dari Pelandakan hingga Kelurahan Larangan By Pass, sudah sejak beberapa tahun lalu.

“Perencanaannya sejak era Pak Subardi menjabat Wali Kota. Namun, karena ada beberapa kendala, belum terwujud,” kata Azis.

Kendala itu seperti kebutuhan ketersediaan anggaran yang tergolong besar. Sebab, selain membangun jalan lingkar, harus ada pembebasan lahan terlebih dahulu yang tak sedikit nilainya.

“Namun, dorongan dan dukungan dari DPRD menjadi pelecut semangat untuk kami bersama mengupayakan realisasi rencana pembangunan CORR,” tuturnya.

Rapat kerja itu juga membahas kemungkinan pendanaan hingga rencana pembentukan tim percepatan realisasi pembangunan CORR.

“Setelah Idulfitri, Komisi II bersama kami akan melanjutkan pembahasannya. Mudah-mudahan ada solusi untuk mewujudkan pembangunan CORR,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Cirebon, Watid Sahriar, mengatakan, pihaknya mendorong eksekutif untuk merealisasikan pembangunan CORR, sebab perencanaannya sudah lama.

“Kami berharap pada sisa masa jabatan Pak Wali bisa mulai. Di samping itu, jalan CORR sudah menjadi kebutuhan masyarakat,” katanya.

Komisi II DPRD akan terlibat aktif dalam upaya percepatan pembangunan proyek tersebut. Termasuk mendorong pematangan kajian perencanaan yang disesuaikan dengan kondisi saat ini, hingga kemungkinan skema pendanaannya.

“Setelah Idulfitri, kami akan bahas lagi bersama Pemkot Cirebon,” pungkasnya. (Haris)

Komentar