oleh

Olahraga Tradisional Indonesia yang Mulai Hilang

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Indonesia memiliki beberapa olahraga yang dahulu begitu digemari. Tetapi, seiring perkembangan waktu, olahraga-olahraga itu mulai ditinggalkan atau hampir punah. Seperti Galah Asin atau Gobak Sodor, dulu masih sering dimainkan, namun sekarang sudah menghilang ditelan zaman. Olahraga ini dimainkan secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3-5 orang. Permainan ini mulai menghilang karena semakin sempinya lahan yang bisa diguakan. permainan ini memang membutuhkan lahan yang besar.

Ada juga Pathol adalah olahraga gulat tradisional yang berasal dari Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Konon permainan Pathol telah ada sejak jaman Majapahit, yang awalnya merupakan acara sayembara untuk mencari kesatria terbaik yang bisa menjaga pelabuhan Tuban yang pada waktu itu ramai oleh perompak dan penyamun.

Berikutnya olahraga yang mulai hilang adalah Sepak Raga yang biasanya dimainkan oleh remaja. Remaja memainkan bola yang terbuat dari rotan. Permainan ini bertujuan untuk menunjukkan keahlian memainkan bola tersebut. Dahulu permainan ini biasanya digunakan untuk memikat hati wanita. Selain itu, Boy-Boyan. Ini masih masuk dalam kategori olahraga. Permainan ini biasanya terdiri dari 2 tim, tim satu yang bertahan dan lainnya menyerang. Olahraga ini mulai menghilang karena keterbatasan lahan yang bisa digunakan. (Net/CT)

BACA JUGA:   SBI Kenalkan Brand Semen Dynamix di Cirebon

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed