oleh

Obati Batuk dengan Bahan Alami Ini

Ilustrasi

CIREBON (CT)Meski batuk bukan tergolong penyakit berbahaya, tetapi jangan disepelekan. Penyakit pada jalan pernapasan atau paru-patu yang kerap kali menimbulkan rasa gatal dan tenggorok sehingga merangsang penderita mengeluarkan bunyi keras dari mulut. Hal ini sangat tidak nyaman karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari menjadi tidak maksimal.

Batuk yang berkepanjangan juga dapat membahayakan diri. Bisa menjadi indikasi penyakit serius yang tidak disadari oleh penderita. Oleh karena itu, harus segera diobati. Di antaranya dengan menggunakan bahan alami seperti madu dan susu, bermanfaat untuk meredakan batuk yang disebabkan oleh bakteri, sementara susu akan mengurangi reaksi batuknya. Hangatkan susu, tambahkan madu ke dalamnya dan minum segera untuk meredakan batuk

Selain itu ada jeruk nipis (Citrus Aurantifolia Swingle). Bermanfaat sebagai pereda influenza, jeruk nipis juga berkhasiat untuk meredakan nyeri perut, mengatasi mual dan menyembuhkan batuk. Kandungan senyawa eriocitrocide di dalamnya berkhasiat mengurangi ketegangan otot, termasuk meregangkan otot-otot di tenggorokan. Cara membuatnya, peras jeruk nipis, ambil airnya sebanyak hampir 1 sendok makan. Tambahkan kecap manis dan telan sekaligus.

Jahe juga dapat mengatasi batuk-batuk. Jahe juga dapat berkhasiat meredakan kembung (karminativa), antiinflamasi, analgesik atau pereda nyeri karena batuk serta berkhasiat sebagai antipiretik. Kandungan minyak atsiri di dalamnya yang mengandung terpenoid zingiberol, gingerol dan shogaol, telah diteliti dan diuji berkhasiat menyembuhkan batuk. Caranya, memarkan jahe, masukkan dalam gelas dan tuangi dengan air panas. Tambahkan sedikit gula atau madu jika ingin terasa lebih manis. (Net/CT)

BACA JUGA:   Pastikan Keamanan Penumpang, Daop 3 Cek Jalur KA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed