oleh

Menstruasi Ternyata Menyehatkan Ginjal

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Hormon seks perempuan, yakni estrogen, dipercaya melindungi ginjal. Dalam risetnya, Lechner dan timnya menguji apakah perubahan hormonal saat siklus menstruasi berpengaruh pada sel-sel ginjal. Sekitar 11 wanita sehat yang masih subur dan 6 wanita pascamenopause dilibatkan dalam penelitian ini.

Setiap orang diminta mengirimkan contoh urine untuk diukur kadar enzimnya yang dikeluarkan saat sel ginjal rusak. Ternyata, kadar enzim ini meningkat saat seorang wanita sedang masa subur dan menstruasi. Sebaliknya, kadarnya rendah pada wanita pascamenopause dan pria.

Hasil studi ini menunjukkan perubahan pada hormon wanita berpengaruh pada sel ginjal, sehingga wanita lebih terlindungi dari kerusakan ginjal.

Selain itu, perubahan kadar hormon selama siklus haid juga menyebabkan perubahan bentuk, tidak hanya pada organ reproduksi tapi juga meluas pada ginjal.

Menurut Lechner, estrogen berfungsi untuk menggantikan sel yang rusak. Selama masa haid, saat estrogen sedang tinggi, sel ginjal distimulasi untuk berkembang. (Net/CT)

BACA JUGA:   Monumen Mesin Mekanik Perawatan Jalan Rel Hiasi Kota Cirebon

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed