oleh

Mengintip Keaslian Perlengkan Gedung Perundingan Linggarjati Yuk !

KUNINGAN (CT) – Nama Gedung Perundingan Linggarjati tentu semua kalangan mengenalinya, karena sejak duduk di bangku SD hingga SLTA, nama gedung tersebut selalu ada dalam setiap mata pelajaran sejarah. Pun demikian apakah semua perlengkapan yang ada saat ini asli benar-benar peninggalan sejarah atau sudah ada campur tangan demi memelihara nama besar gedung tersebut. Yuk kia intip.

Pengelola gedung perundingan Linggarjati, Saom menyebutkan bahwa delapan puluh persen peralatan rumah tangga, mulai dari kursi, meja, ranjang serta beranekaragam dokumentasi lainnya yang tersimpan di Gedung Perjanjian Linggarjati, Kuningan semuanya tiruan bukan asli.

Pasalnya, keberadaan mebeleur yang melengkapi di setiap sudut ruang gedung naskah tersebut, telah banyak mengalami kerusakan. Sehingga, kondisi tiap perkakas perlengkapan digedung tersebut tidak bisa di perbaiki seperti semula.

“Barang – barang yang tersimpan di dalam gedung ini 80 persen semuanya aspal (asli tapi palsu) alias duplikat, selebihnya sekitar 20 memang asli, “ kata Saom, Rabu (17/9).

Dua puluh persen tersebut, kata Saom, memang memiliki nilai – nilai klasik dan seni dan keasliannya tidak diragukan lagi.

Dikatakannya, meskipun kondisi tiap jenis barang – barang peninggalan sejarah perundingan tidak asli, tidak lantas menyurutkan jumlah pengunjung yang datang dari berbagai kalangan.

“Jumlah pengunjung selama tiga bulan terakhir mencapi 700 orang, jika dikalkulasikan sejak musim liburan sekolah lalu,  jumlahnya mencapai sekitar 10 ribu pengunjung, “ tegasnya. (CT-111)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed