oleh

Mengenal Lebih Dekat Ular Sanca Kembang

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Sanca kembang adalah sejenis ular tidak berbisa yang berukuran besar. Ular sanca kembang juga lebih sering  dikenal sebagai Ular Python. Ukuran ular sanca kembang  terbesar bisa melebihi 10 meter. Lebih panjang dari anakonda (eunectes), ular terbesar serta terpanjang di amerika selatan. Nama-nama yang lain yaitu ular sanca, ular sawah, simeulue,  ular petola (Ambon),  serta dalam bahasa Inggris reticulated python atau sering disingkat retics.

Sanca kembang mudah dikenali karena bertubuh besar. Keluarga sanca (pythonidae) relatif gampang dibedakan dari ular-ular lain dengan lihat sisik-sisik dorsalnya yang kian lebih 45 deret, serta sisik-sisik ventralnya yang lebih sempit dari lebar segi bawah tubuhnya. Di indonesia bagian barat, terdapat lima spesiesnya: tiga spesies bertubuh gendut pendek yaitu grup ular peraca (python curtus group: p. Curtus, p. Brongersmai serta p. Breitensteini) di Sumatra, Kalimantan serta semenanjung Malaya.

Makanan ular ini adalah tikus, kelinc, marmut, ayam, daging sapi, biawak, burung, kodok, kadal, dan ikan. Habitatnya di hutan basah, rawa, sungai, dan danau. (Net/CT)

BACA JUGA:   Sejumlah Pejabat di Jajaran Polres Majalengka Terkena Mutasi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed