oleh

Mengatasi Bengkak-Bengkak pada Wanita Hamil

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Banyak ibu hamil yang mengurangi asupan garam saat hamil karena takut terjadi kaki bengkak saat hamil dan takut menaikkan tekanan darahnya. Ternyata pernyataan di atas hanyalah mitos. Penelitian menyatakan bahwa tekanan darah tinggi pada ibu hamil tidak dipengaruhi oleh asupan garam yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, ibu hamil tetap dapat makan makanan yang mengandung garam, asal tidak berlebihan.

Cara mengatasinya, saat duduk usahakan posisi kaki lebih tinggi dari jantung, posisi seperti ini akan membantu dalam mengatur sirkulasi darah. Sehingga apabila tidur, Anda dapat menggunakan ganjalan bantal pada kedua kaki untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi dari kepala dan jantung. Pada kehamilan yang semakin membesar, Anda jangan memaksakan untuk berdiri dalam jangka waktu yang cukup lama apalagi bila Anda merasakan pegal. Pegal yang anda rasakan adalah tanda bahwa peredaran darah anda juga otot mengalami kelelahan.

Gerakan ringan yang membantu Anda mengurangi bengkak bisa Anda lakukan, contohnya adalah ketika sedang duduk, gerakan pergelangan kaki dengan cara ditekuk, gerakan yang melingkar ini akan sangat membantu Anda. (Net/CT)

BACA JUGA:   Polres Majalengka Adakan Pelatihan Penanganan Lakalantas

Komentar

News Feed