oleh

Mayoritas Fosil Purba Indonesia Ada di Belanda

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Pakar paleontology dari Museum Geologi Bandung, Jawa Barat, Iwan Kurniawan menyatakan bahwa masih banyak fosil manusia purba Indonesia yang tersimpan di sejumlah museum di negeri Belanda dan sampai saat ini belum berhasil dikembalikan ke Indonesia.

Iwan tidak menyebut jumlah pasti fosil manusia purba yang saat ini masih tersimpan di sejumlah museum di Belanda, terutama di museum milik Universitas Leiden. Yang pasti jumlahnya sangat banyak dan berasal dari berbagai titik situs purba yang ada di tanah air, mulai dari Lidah Air Padang, Jawa, Flores, Sulawesi, dan berbagai daerah lain.

Kendati sulit, Iwan mengaku optimistis peluang mengembalikan “harta karun” fosil-fosil manusia purba Indonesia tetap terbuka. Ia mencontohkan pemerintah Yunani yang berhasil mengembalikan fosil manusia purba dari Belanda berkat kerjasama serta diplomasi kebudayaan yang dilakukan.

Namun, manajemen paleontology maupun arkeologi di Belanda sangat bagus, jauh dibanding di Indonesia yang kerap terkendala masalah anggaran serta fasilitas infrastruktur.

Misalnya, fosil Homo Wajakensis dari Tulungagung, Homo Mojokertensis dari Mojokerto, Pithecanthropus Erectus dari daerah Trinil Ngawi, Meganthropus Paleojavanicus, hingga jenis Homo Sapiens lain yang semua terdokumentasi dengan baik di Belanda. (Net/CT)

BACA JUGA:   Jadi Tersangka Penembakan, Anak Bupati Majalengka Jalani Pemeriksaan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed