oleh

Masih Dilema, Pembuatan Perda Miras Akan Mengacu pada RUU Minol

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Rancangan Undang-Undang Larangan Minuman Beralkohol (RUU Minol) akan dibahas pekan ini. RUU ini diprediksi akan menjadi rujukan dari setiap aturan soal pengendalian minuman beralkohol di bawahnya, termasuk Peraturan Daerah (Perda) minuman keras.

Anggota Panitia Khusus (Pansus) Minol dari fraksi PDIP, Hendrawan Supratikno mengatakan, bahwa saat ini masih ada perdebatan soal substansi pada RUU Minol.

Dari draf RUU yang disiapkan oleh DPR RI, lebih menekankan pada pelarangan terhadap minuman beralkohol. Sedangkan, dari draf Daftar Inventaris Masalah (DIM) yang disiapkan oleh pemerintah, lebih menekankan pada pengendalian dan pengawasan terhadap UU Minol.

Menurut Hendrawan, beberapa fraksi lebih setuju dengan DIM dari pemerintah ketimbang draf yang disusun oleh DPR RI. Perdebatan itu baru akan terlihat di pembahasan RUU Minol nanti.

Yang pasti, PDIP masih juga lebih sepakat dengan DIM dari pemerintah, yaitu lebih menekankan pada pengawasan dan pengendalian. Jadi, UU ini nantinya akan lebih berisi substansi pada pengendalian dan pengawasan minuman beralkohol. (Net/CT)

BACA JUGA:   Pramuka MTS dan SMK Maarif Napak Tilas Semangat Pahlawan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed