oleh

Manfaat Buah Barteh atau Timun Suri untuk Penderita Sakit Maag

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Istilah buah barteh mungkin sedikit asing di telinga banyak orang Indonesia, bahkan mungkin Anda sendiri. Namun apabila disebut dengan nama lainnya, yaitu timun suri, maka banyak orang tidak asing dengan nama tersebut. Buah yang satu ini masih termasuk ke dalam anggota buah labu-labuan (Cucurbitaceae), di mana memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Buah barteh atau timun suri merupakan salah satu buah yang bukan musiman, sehingga dapat ditanam kapan saja. Namun khusus di Indonesia, buah barteh atau timun suri biasanya memang ditanam musiman secara besar-besaran oleh para petani. Musim tersebut biasanya ialah pada bulan puasa (Ramadhan), di mana buah barteh atau timun suri sering dijadikan salah satu komponen buah untuk melengkapi es-es buah di bulan Ramadhan untuk keperluan buka puasa.

Manfaat buah barteh ini menjaga fungsi sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang dimilikinya. Yang mana, kandungan serat tersebut dapat mengusir racun dari sistem pencernaan tubuh sehingga menjaga fungsi sistem pencernaan tetap baik dan sehat.

Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila masalah pencernaan, seperti maag, gastritis keasaman, dan tukak dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi jus buah barteh setiap harinya. Selain itu, kandungan serat tentu juga dapat membantu Anda mengatasi dan mencegah sembelit. (Net/CT)

BACA JUGA:   Diskominfo Segera Luncurkan Program Surat-menyurat Elektronik

Komentar

News Feed