oleh

Mahasiswa Harus Seimbangkan Waktu Belajar Dikelas dan Berorganisasi

CIREBON (CT) – Kuliah adalah tugas pertama seorang Mahasiswa di Kampus. Padatnya jadwal perkuliahan acap kali menyita waktu mahasiswa karena mengikuti berbagai macam pembelajaran dan aktifitas Kampus lainnya. Namun, di era sekarang ini, tugas Mahasiswa tak cuma mengikuti jadwal perkuliahan, tetapi juga harus dibarengi dengan aktif disebuah organisasi.

Hal itu dikatakan oleh Uswatun Hasanah, salah satu Mahasiswi Pasca Sarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Menjadi seorang Mahasiswa, kata dia, harus bisa benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin. Menurutnya, menjadi seorang Mahasiswa bukan berarti mengikuti perkuliahan secara normal dan datar saja.

“Tugas utama mahasiswa memang kuliah, tapi sayang juga kalau tidak dimanfaatkan untuk ikut organisasi, kan bisa mendapat banyak pengalaman dan pelajaran yang tidak diajarkan dikelas,” ucapnya yang juga aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cirebon.

Pandangan kebanyakan mahasiswa yang menilai aktivis mahasiswa adalah belajar di kelas dan mementingkan nilai Akademis, buru-buru dibantah oleh perempuan yang juga seorang guru ini. Menurutnya, Mahasiswa yang menilai aktivis tersebut tidak tahu mengenai aktifitas di Organisasi.

“Mungkin Mahasiswa yang beranggapan seperti itu tidak mengetahui betul seorang aktivis kampus. Kuliah itu tidak harus tiap harinya datang, duduk dan dengerin dosen, kan sayang waktu luangnya. Saya juga Aktifis, tapi lulus tepat waktu, malah sekarang saya sedang menempuh kuliah S2 di Pasca Sarjana IAIN Cirebon. Yang penting harus seimbang, antara mengikuti perkuliahan dan mengikuti kegiatan di Organisasi,” kata dia yang juga mantan Ketua Dewan Mahasiswa (DEMA) IAIN Cirebon.

Untuk menyiasati kegiatan yang padat, menurutnya, manajemen waktu merupakan kunci utama dalam menyeimbangkan kegiatan organisasi dan perkuliahan.

“Jadwal kuliah kan ga setiap hari, daripada selesai kuliah terus pulang, mending ikut kegiatan di Organisasi, yang terpenting bisa membagi waktu antara kuliah dan organisasi,” pungkas perempuan yang ingin segera menikah ini. (CT-122)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed