oleh

Kota-kota di Dunia Berpredikat Nyaman untuk Ditinggali

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Lembaga The Economist Intelligence Unit (EIU) merilis daftar kota yang dinilai paling layak huni di dunia untuk tahun 2016.

Menurut The Economist, survei ini menggunakan rentang skala skor 100 untuk yang terbaik dan nol untuk terburuk. Ada sebanyak 30 faktor yang diukur, antara lain bertautan dengan urusan keamanan, pelayanan kesehatan, sumber daya pendidikan, infrastruktur, dan lingkungan perkotaan.

Dimulai dari peringkat tertinggi, yakni nomor satu adalah Melbourne (Australia). Karenanya, ibukota negara bagian Victoria itu telah enam kali berturut-turut menempati status kota terbaik versi EIU.

Urutan pertama itu diikuti Wina (Austria), Vancouver (Kanada), dan Toronto (Kanada). Adapun Calgary (Kanada) dan Adelaide (Australia) sama-sama berperingkat kelima.

Peringkat ketujuh, yakni Perth (Australia). Kemudian di bawahnya, ada Auckland (Selandia Baru), Helsinki (Finlandia), dan Hamburg (Jerman). Australia dan Kanada rupanya seimbang dalam menyumbang nama di daftar 10 kota terbaik dunia. (Net/CT)

BACA JUGA:   Ribuan Warga Ikuti Nyiramkeun Pusaka Kerajaan Talaga Manggung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed